-
afifdwisatria posted an update 8 years, 3 months ago
RESUME 10 MATA KULIAH
Dasar-Dasar Pengembangan KurikulumNama :Afif Dwi Satria
NIM :15105241022
Kelas :TP-b
http://afifdwisatria25.blogs.uny.ac.idA. PENGERTIAN
1.
– Kurikulum sebagai jembatan untuk meraih ijazah
Karena kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk memperoleh ijazah.
– Kurikulum sebagai mata dan materi pelajaran
Kurikulum terdiri dari mata pelajaran yang telah disusun berdasarkan pengalaman gnerasi terdahulu.
– Kurikulum sebagai rencana kegiatan belajar
Kurikulum adalah merupakan program pendidikakn yang disediakan oleh sekolah untuk siswa.Melalui program yang direncanakan itu siswa melakukan berbagai macam kegiatan belajar,sehingga mendorong perkembangan sesuai tujuan pendidikan yang telah ditentukan.
– Kurikulum sebagai hasil belajar
Kurikulum adalah upaya menyeluruh yang direncanakan oleh setiap sekolah untuk membimbing siswa dalam pembelajaran kearah hasil pembelajaran yang ditentukan sebelumnya.
– Kurikulum sebagai pengalaman belajar
Kurikulum adalah segala pengalaman yang direncanakan dan disediakan oleh sekolah untuk membantu siswa dalam pencapian hasil belajar yang diinginkan menjadi kemampuan mereka yang terbaik.B. Pengembangan materi
– Materi merupakan isi pembelajaran, berupa pengetahuan nilai
sikap, dan keterampilan
– Pengembangan kurikulum harus menentukan kerangka konseptual tatkala memilih materi
kurikulum– Kerangka konseptual digunakan untuk menentukan kategori pengetahuan, ide pokok, dan
esensiTingkat 9 doktor
Menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan
keterampilan tertentu :
• Tingkat 8 magister
Menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan tertentu
•Tingkat 7 profesi
Menguasai teori aplikasi bidang pengetahuan dan keterampilan
tertentu
• Tingkat 6 sarjana
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan
dan keterampilan tertentu secara umum dari konsep teoritis bagian khusus dalam
bidang pengetahuan dan keterampilan secara mendalam
Kriteria seleksi materi, validitas, signifikasi, menarik, mudah dipelaj
ari, konsisten dengan
realitas sosial, berguna
Pengorganisasian Materi
Organisasi materi berkenaan dengan skope dan sekuensi materi. Skope materi merujuk pada makna keluasan dan kedalaman materi yang diajarkan
Sekuensi materi
Memilih dan Merangkai Bahan AjaC. Identifikasi aspek
– aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar memiliki aspek yang berbeda baik
materi ajar, maupun strategi pembelajarannya. Jenis materi fakta tentu menghendaki
referensi yang lengkap seperti ensiklopedi dan rumus
– rumus secara akurat. Materi
bersifat fakta pun dengan segera akan menuntut cara mengajar yang spesifik misalnya
dengan memberikan cara menghafalkan unsur kimia dengan jembatan keledai.D. Identifikasi jenis
-jenis materi bahan ajar
Jenis materi diketahui
bervariasi seperti materi bersifat fakta, konsep, prosedur, prinsip.
Selain ituterdapat enis materi yang menekankan pada ranah afektif, psikomotor.Memilih bahan ajar yang sesuai atau relevan dengan standar komp
etensi dan kompetensi
dasar. Bahan ajar mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasarnya. Dengan
mengacu pada kompetensi dasar, kita akan mengetahui apakah materi yang harus kita
ajarkan berupa fakta, konsep, prinsip, prosedur, aspek, sikap atau psikomotorik.Memilih sumber bahan ajar
Sumber bahan ajar dapat diperoleh melaluui internet, buku, wawancara pakar,
ensiklopedi, kliping koran atau majalah yang tepat.Menyusun Mata Kuliah, Menentukan Bobot SKS dan Struktur KurikulumMata kuliah adalah wadah
dari bahan kajian
Setiap satu bahan kajian (BK) hanya dapat masuk dalam satu mata kuliah (MK) dan satu
MK dapat berisi satu bahan BK.
SKS merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa,
besarnya pengakuan atas keberhasilan
usaha mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan
usaha kumulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha untukmenyelenggarakan
pendidikan bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi tenaga pengajar.
Nilai Kredit Semester untuk Tenaga Pengajar
50 menit acara tatapmuka terjadwal dengan mahasiswa
60 menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan mahasiswa terstruktur
60 menit pengembangan materi kuliah
Nilai Kredit Semester untuk Mahasiswa
350 menit perminggu
acara tatap muka terjadwal dengan tenag
a pengajar
60 menit per minggu acara kegiatan akademik terstruktur yaitu kegiatan studi yang tdak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal
soal 60 menit per minggu acara kegiatan akademik mandiri yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiwa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan, atau tujuan
lain suatu tugas akademik, misalnya dalam bentukmembaca buku referensi