Activity

  • titin kurniawati posted an update 6 years, 7 months ago

    NAMA : TITINKURNIAWATI
    NIM: 17811134012
    PRODI :D3 SEKRETARI/A

    RESENSI BUKU ADMINISTRASI DAN OPERASIONAL PERKANTORAN

    IDENTITAS BUKU :
    1. Judul Buku : Administrasi & Operasional Perkantoran
    2. Penulis Buku : Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E, S.S., M.M danFenny Damayanti, S.Sos., M.M
    1. Penerbit Buku : ALFABETA, cv
    2. Tanggal Terbit : Maret 2015
    3. Jumlah Halaman : 162 halaman

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Puji syukur saya panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga hari ini saya bisa membuat resensi buku Administrasi dan Operasional Perkantoran. Titin Kurniawati dari Program Studi D3 Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2017 dengan ini ingin saya akan memberikan deskripsi singkat mengenai buku yang telah saya sebutkan judulnya di atas. Saya berharap dengan adanya deskripsi dari isi di dalam buku ini dapat meningkatkan minat membaca terutama ilmu pengetahuan perkantoran.

    Sinopsis Buku
    Buku ini terdiri dari beberapa bab. Antara lain :
    Bab 1. PERKANTORAN DAN ADMINISTRASI
    Perkantoran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hal yang berkaitan dengan kantor. Kantor tersebut merupakan tempat pelaksanaan kegiatan-kegiatan perkantoran. Sedangkan administrasi, dapat dipahami sebagai proses dan aktivitas melalui berbagai kegiatan pembimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang ke arah pencapain tujuan bersama. Jadi, administrasi perkantoran dapat didefinisikan sebagai sebuah proses yang melibatkan fungsi-fungsi administrasi dalam organisasi dalam rangka melaksanakan kegiatan operasional kantor sehingga berbagai tujuan yang sudah ditetapkan oleh kantor dapat dicapai dengan optimal.
    Bab 2. KORESPONDENSI DAN KEARSIPAN
    Korespondensi tentu identik dengan surat. Pengertian korespondensi itu sendiri adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan media surat. Sedangkan kearsipan dapat diartikan sebagai aktivitas pengelolaan dan penyimpanan sebuah arsip atau dokumen.
    Bab 3. LAPORAN DAN RAPAT
    Laporan merupakan salah satu bentuk komunikasi dan sumber bagi pimpinan guna memantau proses kegiatan yang ada pada organisasi tersebut. Laporan dianggap layak dan baik jika memenuhi syarat-syarat, berikut syarat dan ketentuannya yaitu objektivitas,jelas dan cermat, tepat sasaran, lengkap ,tegas dan konsisten,singkat dan jelas,tepat penerimanya.
    Rapat merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara pimpinan dan staff karyawannya, yang didalamnya membahas berbagai macam hal yang ada dalam organisasinya.
    Bab 4. ORGANISASI DAN KOMUNIKASI
    Organisasi merupakan koordinasi yang bersifat rasional yang dilakukan oleh sejumlah orang demi mencapai sejumlah tujuan yang telak ditetapkan dengan jelas sebelumnya. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan adanya pembagian kerja atau fungsi, dan lewat suatu hirarki otoritas dan pertanggungjawaban. Dalam organisasi tentu terdapat sususan pengurus yang sering kita sebut struktur organisasi.
    Komunikasi merupakan proses penyampaian pikiran dengan cara tertentu agar peneriamanya memahami pesan yang diterimanya.
    Bab 5. ERGONOMI DAN TATA RUANG KANTOR
    Ergonomi berasal dari kata “ergo” atau gerak/kerja, dan “nomos” (alamiah) yaitu gerakan yang efektif, efisien, nyaman, aman, tidak menimbulkan kelelahan dan kecelakaan sesuai kemampuan tubuh tetapi mendapatkan hasil kerja yang lebih optimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ergonomis adalah studi gerakan yang efektif dab efisien untuk menyerasikan kemampuan tubuh manusia, pekerjaan, dan lingkungan kerja sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal.

    Bab. 6 SARANA, PRASARANA, DAN TEKNOLOGI PERKANTORAN
    Sarana merupakan segala sesuatu yang digunakan sebagai penunjang dalam proses mencapai tujuan tertentu. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu sebagai penunjang terlaksananya proses, yang biasanya berwujud alat atau perabotan yang diperlukan.
    Sarana dan prasarana sebuah kantor antara lain yaitu dengan diperlukannya macam-macam teknologi untuk pemenuhan kebutuhan kantor. Macam-macam teknologi yang biasanya diperlukan yaitu komputer,mesin tik, mesin hitung, mesin surat menyurat, mesin komunikasi, dan lain lain.
    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
    Menurut saya Kelemahan buku ini yaitu Cover yang digunakan kurang menarik pembaca . Karena didalamnya menjelaskan banyak tentang administrasi khususnya administrasi perkantoran. Hanya saja didalam bukunya kurang banyak gambar-gambar tentang berbagai alat perkantoran. Sedangkanyaitu kelebihannya bahasa yang digunakan penulis dalam bukunya yang berjudul Administrasi dan Operasional Perkantoran, mudah dipahami oleh pembaca sehingga pembaca tidak kebingungan dan kesusahan dalam memahami isi dan maksud penulis.
    KESIMPULAN BUKU
    Buku ini layak sebagai referensi dalam kegiatan pembelajaran karenadi dalamnya berisi informasi ilmu tentang perkantoran . Sehingga sangat di anjurkan untuk dipelajari kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) administrasi perkantoran, mahasiswa jurusan sekertaris, administrasi perkantoran, karyawan kantor maupun pembaca lainnya.