Activity

  • linda2017 posted an update 6 years, 5 months ago

    RESENSI BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN
    Judul buku : Psikologi Pendidikan
    Pengarang : John W. Santrock
    Penerbit : Salemba Humanika
    Tahun : 2014
    Tebal buku : 434 halaman
    ISBN : 978-602-8555-93-7

    Simpulan :
    Dalam dunia pendidikan kita sering menjumpai istilah psikologi, dimana psikologi sangat penting di pelajari karena berkenaan dengan jiwa seseorang dan kepribadiannya. John W. Santrock menulis buku yang berjudul Psikologi Pendidikan. yang akan mempelajari bagaimana kita dalam memahami seorang anak dan bagaimana kita memberi pelajaran pada mereka saat masih usia dini.
    di dalam bab buku ini akan mengaji apa itu bidang ilmu psikologi pendidikan dan buku ini bisa membantu guru atau mahasiswa untuk memberi kontribusi yang baik bagi masa depan anak-anak. bagaimana mengajar yang efektif dan memecahkan masalah yang ada.
    pada bab yang kedua ini kita akan mempelajari tentang perkembangan kognitif dan bahasa dengan mempelajari bentuk-bentuk perkembangan anak dengan lebih baik dimana di bab ini menjelaskan tentang perkembangan, serta memfokuskan diri pada perkembangan kognitif dan bahasa pada anak. dan didalam bab ini sangat menekankan teori Piaget dan Vygotsky.
    Pada bab ketiga akan mempelajari sosioemosional dan konteks sosial, mengaji topik perkembangan moral. memberikan kepada pesertadidik untuk berkesempatan berbartisipasi dalam aktivitas yang mempromosikan tanggung jawab sosial dan pelayanan pada komunitas. selain perkembangan moral, kita juga harus mengeksplorasi bagaimana cara orangtua mengasuh anak dan bagaimana perkembangan anak pada usia yang sangat aktif untuk berintraksi pada lingkungan, kehidupan anak, karena perkembangan anak di pengaruhi oleh temen sebaya, sahabat, dan bahkan guru.
    Bab yang selanjutnya mempelajari variasi individual yang mencakup inteligensi, gaya belajar dan berfikir, dan kepribadian yang tempramen. Dimana intlegensi sendiri menurut psikologi oeleh beberapa ahli yaitu kemempuan untuk memecahkan masalah. Didalam intlegensi ada dua tes untuk anak-anak secara individual tes Binet Stanford dan tes skala Wechsler. Agar mengukur kemampuan anak-anak dalam belajar.
    Kemudian bab lima ini adanya keragaman sosiokultural. Kita adalah dunia multicultural dari latar belakang, adat istidat, dan nilai-nilai yang beragam. Dalam bab ini akan mengeksplorasi cara guru untuk anak-anak dari berbagai budaya, social-ekonomi, dan latar belakang etnis yang beragam termasuk cara membuat kelas yang relevan bagi anak-anak. Dan pada bab ini juga akan mengaji gender dalam sekolah dan bagaimana cara guru berinteraksi secera berbeda dengan anak laki-laki dan perempuan. Memahami sudut pandang orang lain membutuhkan waktu bersama mereka dan mengenal mereka bagaimana mereka berfikir dan merasa. Sebagai siswa berbicara dengan satu sama lain dan mulai saling menghargai satu sama lain.
    Pada bab enam ini kita akan mempelajari anak-anak berbagai jenis disabilitas , serta anak-anak yang luar biasa lainnya, mereka yang berbakat. Sebagai seorang guru kita tidak berkenan untuk membeda-bedakan anak-anak yang kekurangan secara fisik, mental, emosional gangguan, lingkungan budaya seta ekonomi yang tidak menguntungkan. Mereka harus mendapat perhatian yang khusus karena keterbelakangan mereka yang menyerap pelajaran yang berbeda dari anak yang lain.
    Beralih ke bab yang selanjutnya yaitu pendekatan perilaku dan konitif social, pada bab bahwasannya semua orang setuju bahwa membantu siswa belajar adalah fungsi penting dari sekolah. Namun di bab ini memeriksa apa yang melibatkan pembelajaran, kemudian beralih ke pendekatan perilaku utama untuk belajar. Dan menerapkan prinsip-prinsip perilaku yang di terapkan untuk mendidik siswa.
    Pada bab yang terakhir ini yaitu tentang pendekatan pemrosesan informasi, strategi metakognisi dimana ini adalah aspek penting terhadap bab ini. Seberapa mampu anak-anak, pendekatan pengolahan informasi untuk belajar percaya bahwa mereka sangat mampu. Anak-anak hadir untuk informasi yang di sajikan dan bermain-main dengan hal tersebut. Mereka akan mengembangkan strategi untuk mengingat. Dimana mereka membentuk konsep dan mereka beralasan memecahan masalah disinailah anak mulai terampil.

    Kelemahan buku : dalam buku ini bahasa yang di gunakan sangat mudah di pahami oleh pembaca dan tidak hanya itu buku ini banyak melibatkan konsultasi untuk para ahli psikologi.
    Kekurangan buku ini : pada contohnya masih sulit di pahami oleh pembaca sehingga pembaca harus berulang-ulang untuk membacanya.