Activity

  • nurul habibah posted an update 6 years, 4 months ago

    Resensi buku
    Judul : perencanaan pembelajaran
    Pengarang : Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd.
    Penerbit: PT Bumi aksara
    Tempat Terbit: Jakarta
    Tahun Terbit: 2006
    Cetakan : Edisi Pertama, 2006
    Ukuran : 15.5cm X 23cm
    Jumlah Halaman: ix,158 halaman
    ISBN : 979-526-250-5

    Judul : Perencanaan Pembelajaran
    Bidang: pengenalan perencanaan pembelajaran
    Tema: mengidentifikasi perencanaan pembelajaran
    Sinopsis: Buku ini terdiri dari sebelas bab diantaranya yaitu konsep dasar, pendeatan pembelajaran, variabel, langkah mendesain, Tujuan, strategi, desain pesan dan karakteristik siswa, faktor dalam merancang pembelajaran, evaluasi, merancang kegiatan, dan penerapan dalam pembelajaran. Melalui buku ini diharapkan pembaca dapat memahami rencana yang harus dilakukan dalam pembelajaran.
    Bab I : konsep dasar perencanaan pembeajaran
    Perencanaan pembelajaran yaitu suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan belajar siswa dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna memperkecil kemungkinan yang ada. Dalam bab ini membahas dasar dan prinsip tentang mengajar serta tipe-tipe belajar
    Bab II : pendekatan system dalam kegiatan pembelajaran
    Setiap system memiliki Tujuan, fungsi, komponen,interaksi atau saling hubungan, penggabungan yang menimbulkan jaringan keterpaduan dan proses transformasi. Kerangka pendekatan system ini dapat diterapkan dalam studi pembelajaran yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan. Perencanaan pembelajaran juga memerlukan umpan balik untuk perbaikan dan daerah batasan dan lingkungan.
    Bab III: tiga variable pembelajaran
    Pertama variable kondisi pembelajaran yaitu tentang factor yang mempengaruhi efek metode dalam peningkatan hasil pembelajaran. Kedua variable metode pembelajaran yaitu tentan cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda. Ketiga variable hasil pembelajaran yaitu tentang semua efek yang dapat dijadikan sebagai indicator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajaran di bawah kondisi yang berbeda.
    Bab IV: langkah mendesain pembelajaran menurut dick and carrey
    Mengidentifikasi tujuan umum, melaksanakan analisis, mengidentifikasi tingkah laku, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan acuan, mengembangkan strategi, mengembangkan dan memilih material, melaksanakan evaluasi formatif, merevisi bahan pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi sumatif.
    Bab X : tujuan pembelajaran
    Tujuan pembelajaran dapat ditinjau dari kawasan kognitif, kawasan efektif, dan kawasan psikomotor. Untuk menuliskan tujuan pembelajaran, tata bahasa dan konsep dalam menuangkan ide merupakan unsur yang perlu diperhatikan. tujuan pembelajaran mencakup audience, behavior, condition, dan degree.
    Bab XI : strategi pembelajaran
    Strategi pembelajaran meliputi strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat menekankan pada media apa yang dipakai untuk menyampaikan pengajaran.
    Bab XII: desain pesan dan karakteristik siswa dalam pembelajaran
    Mendesain pesan siswa di dukung pula dengan teknologi agar mudah dipahami dan menarik minat siswa belajar. Karakteristik siswa dapat dibangun dengan strategi pengelolaan dan perencanaan pembelajaran yan baik dan benar. Ada desain perilaku dapat di sampaikan dengan cara instruksi system personal, ketepatan mengajar dan pembelajaran langsung.
    Bab XII : perlunya mempertimbangkan factor emosional anak dalam pembelajaran
    Kecerdasan emosional adalah suatu cara baru untuk membesarkan anak. Dengan pengenalan emosi anak baik EQ maupun IQ dapat membuat anak memiliki sifat empati dan kepedulian kepada sesama. Emosional dapat mengubah kelakuan anak dengan mengubah pola pikir mereka.
    Bab IX : merancang evaluasi hasil belajar
    Mengevaluasi hasil belajar dengan cara mengukur dan menilai pemahaman tentang pembelajaran yang telah diberikan melalui soal ujian. Penilaian tersebut terdiri dari penilaian acuan patokan dan penilaian acuan norma.beberapa konsep yang berkaitan dengan evaluasi adalah validitas instrumen dan reliabilitas instrument.
    Bab X : merancang kegiatan pembelajaran
    merancang kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, menuliskan ide pokok bahasan dan subpokok bahasan, merumuskan tiap pokok bahasan, membuat skema hubungan, menentukan frekuensi setiap pokok bahasan, merumuskan sasaran belajar, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran.
    Bab XII : penerapan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran.
    Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang bersifat dinamis, berkembang, dan dapat diraih setiap waktu. Kompetensi diharapkan akan muncul dan dikembangkan dari peserta didik melalui kurikulum berbasis kompetensi berdasarkan jenjang pendidikan.
    Kelebihan dan kekurangan buku :
    Kelebihan dari buku ini adalah menggunakan kalimat singkat tetapi jelas dan maksud setiap kalimat dapat dipahami dengan mudah. Pemyajian materi disertai dengan penjelasan tabel dan grafik. Pada halaman terakhir di cantumkan evaluasi bagi pembaca mengenai materi yan disampaikan oleh buku ini. Buku ini layak dibaca oleh tenaga pendidik maupun calon tenaga pendidik untuk merancang pembelajaran bagi peserta didik.
    Kekurangan dari buku ini adalah tidak dijelaskan secara rinci mengenai rencana pembelajaran menurut jenjang-jenjang pendidikan. Penjelasan setiap bab nya kurang mendalam dan sulit dipahami.