Activity

  • atiyafiki posted an update 5 days, 13 hours ago

    RESENSI BUKU
    Judul Buku : Ikatan Kimia
    Penulis : Audrey L. Companion
    Penerjemah : Dr. Ir. Suminar Achmadi
    Penyunting : dra. Tetet Sutomo
    Penerbit : ITB
    Kota : Bandung
    Cetakan : Kedua
    Tahun Penerbitan : 1991
    Tebal Buku : 148 halaman
    ISBN : 979-8001-47-8
    Buku Ikatan Kimia ini adalah buku yang ditulis oleh Audrey L. Companion dan diterjemahkan oleh Dr. Ir. Suminar Achmadi. Buku ini diterbitkan dalam rangka pengadaan buku ajar untuk perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Higher Education Development Project, IBRD Loan 2944 – IND (World Bank Education XXI Project), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Maksud utama dari buku Ikatan Kimia ini juga sudah jelas, yaitu untuk mengisi kekurangan tentang teori orbital dalam kebanyakan buku ajar kimia. Karena kebanyakan buku ajar sekarang lebih dari cukup dalam menjelaskan struktur atom dan molekul , jelaslah bahwa buku pelengkap tambahan tidak lagi diperlukan. Buku ini memuat enam bab yang dituliskan secara jelas dan mudah dipahami oleh para pembacanya. Pada bab 1, buku ini menjelaskan tentang awal teori kuantum yang berisi mengenai sifat cahayadan dualisme dalam pengertian bahan sesuai pada percobaan dan penelitian yang dilakukan oleh tokoh ilmuwan terdahulu. Bab 2 buku ini memuat dan membahas mengenai Atom Bohr, menjelaskan mulai dari terjadinya spectrum garis, struktur atom hydrogen dan atom lain. Bab 3 pada buku ini berisikan Mekanika Gelombang dan Atom yang menjelaskan mengenai persamaan Schrodinger dan atom hydrogen, atom berelektron banyak dan atom dan ion dari deret transisi pertama. Pada bab 4 buku ini berisi tentang Molekul dan Ikatan Kimia Kovalen yang menjelaskan tentang sifat umum orbital molekul, penerapan pada molekul nitrogen, beberapa molekul beda-inti yang sederhana, hingga gas mulia dan senyawa antarhalogen. Kemudian pada bab 5 berisikan Ikatan dalam Padatan Ion, Logam, dan Molekul yang menjelaskan mengenai ukuran ion, kecenderungan dalam jari-jari ion, nisbah jari-jari dan pengemasan ion dalam kristal, potensial ion dan kovalen parsial, logam, semikonduktor, sifat gaya van der waals, sifat ikatan hydrogen, dan silikat dan kaca. Dan pada bab terakhir, buku ini menjelaskan tentang Struktur Senyawa Logam Transisi yang menjelaskan tentang warna, sifat magnetik, dasar teori medan kristal, penjelasan dan pemanfaatan spektrum serapan, sistem non oktahedral, sistem dengan lebih dari satu elektron d; medan kristal kuat dan lemah, faktor yang mempengaruhi kuat medan, penjelasan kurva dua- pondok yang aneh dan pengaruh kovalensi. Secara singkatnya, buku ini membicarakan latar belakang percobaan dan sejarah teori kuantum, teori atom Bohr, mekanika gelombang dan atom, molekul dan ikatan kimia kovalen, ikatan dalam pendapatan ion, logam, dan molekul, serta struktur senyawa logam transisi.
    Buku Ikatan Kimia yang diterbitkan pada tahun 1991 oleh penerbit ITB Bandung ini merupakan buku yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa tingkat pertama, dan mahasiswa tingkat lanjut yang memerlukan tinjauan kuantitatif yang luas tentang teori ikatan. Karena uraiannya yang sederhana, buku ini pun berguna bagi siswa SMA yang ingin mengetahui kebih lanjut tentang ikatan kimia. Didalam buku ini juga terdapat anjuran beberapa buku lain yang berkaitan dengan materi sebagai bahan bacaan tambahan bagi para pembaca. Selain itu, buku ini juga menyajikan latihan soal yang dicantumkan untuk mengasah atau mengetahui kemampuan si pembaca disetiap akhir bab.
    Penulisan dari buku karya Audrey L. Companion ini sudah baik karena pemilihan kata yang digunakan sederhana dan mudah dipahami. Penjelasan yang digunakan oleh penulis dalam buku ini juga tidak hanya berbentuk teks yang membuat bosan ketika membaca, namun juga dengan penjelasan gambar, grafik dan diagram. Selain memiliki keunggulan, setiap karya juga pasti memiliki kekurangan, hal ini juga berlaku pada buku ini. Sampul buku yang terlalu sederhana membuat pembaca kurang menarik untuk memilih buku ini. Selain dari sampulnya, cetakan buku yang berwarna hitam polos membuat gambar yang ditampilkan kurang jelas dan terkesan membosankan sehingga mengurangi minat pembaca untuk membaca buku ini.