Activity

  • dana ayu yonanda posted an update 5 years, 5 months ago

    Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Mahir
    By: Dana Ayu Yonanda / 15513241030 / Pendidikan Teknik Busana 2015 UNY

    Identitas buku

    Judul buku : Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Mahir
    Penulis buku : A.R. Soekarno
    Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
    Golongan : Pendidikan
    Tahun terbit : 2015
    Tebal buku : 245 halaman

    Resensi

    Buku yang berjudul ”Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Mahir” ini, merupakan sebuah buku panduan membuat pola seri ketiga dari panduan buku penuntun membuat pola busana tingkat dasar dan tingkat terampil. Pada isi buku ini terdapat beberapa macam tuntunan pembuatan pola busana wanita tingkat mahir.
    Isi buku ini dibagi menjadi beberapa bab yaitu mulai dari bermacam pembuatan pola rok, aneka gaun, busana draperi, kamisol, aneka mantelpak, mantelpak jas dan celana panjang, kebaya modifikasi, gaun pengantin, coat/jas luar, dan yang terakhir sketsa busana. Buku yang menyajikan aneka pecah pola tingkat mahir yang merupakan kelanjutan dari buku Soekarno sebelumnya. Setiap pola yang ditampilkan di buku ini sebagai satu busana utuh, namun untuk pembaca bebas mengubah desain/ model busana sesuai kebutuhan dan keinginan, serta tren mode yang sedang berlaku untuk sekarang ini.
    Di bagian awal buku ini terdapat pendahuluan pengenalan peralatan dan bahan saat akan membuat pola dan cara pengambilan ukuran badan wanita dewasa. Pada bagian penutup buku ini terdapat berbagai macam bentuk pakaian untuk tingkat mahir untuk berlatih membuat desain busananya, yang didalamnya terdapat macam-macam model rok, jas/jaket, sketsa celana panjang, sketsa jaket/jas, ilustrasi gaun pengantin, ilustrasi model mantelpak wanita, ilustrasi pakaian wanita eksekutif, pembuatan sketsa macam-macam bentuk pakaian dalam.
    Pada per bab isi buku ini terdapat macam-macam subbab, yang didalam judul subabnya berisikan lengkap. Mulai dari ukuran badan, desain busana yang akan dipelajari, pembuatan pola, bagian-bagian pola yang dipelajari, hingga keterangan/langkah-langkah pembuatan pola yang akan dipelajari. Sehingga membuat si pembaca semangat dalam mempelajari dan belajar membuat pola pada tingkat mahir ini.
    Pada pengetahuan buku ini tidak hanya kaum umum untuk belajar dalam pembuatan pola tetapi dapat untuk kalangan anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga untuk para mahasiswa yang menempuh jurusan PKK atau keterampilan busana.
    Kelebihan pada buku ini adalah mudah dicerna untuk kalangan manapun karena pada isi buku ini tidak membosankan dan benar-benar lengkap dan menuntun si pembaca untuk belajar membuat pola dengan tingkat mahir. Untuk mendapatkan “Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Mahir” bisa ditemukan di Gramedia karena buku ini diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama dengan harga Rp. 99.500,00.
    Semoga bermanfaat ♡