Activity

  • Dedi Setyadi posted an update 5 years, 2 months ago

    RESENSI BUKU GEOGRAFI NEGARA BERKEMBANG
    Judul : Geografi Negara Berkembang
    Pengarang : J.P. DCKENSON, C.G. CLARKE, W.T.S. GOULD, A.G. HODGKISS, R.M. PROTHERO, D.J. SIDDLE, C.T. SMITH, E.M. THOMAS-HOPE
    Penerbit : Methuen & Co. Ltd
    Tahun Terbit : 1986
    Cetakan : ke-3
    Tebal Buku : xii+358
    Sekitar tiga dasawarsa yang lalu telah tumbuh kesadaran tentang kontras kontras taraf kehidupan yang dialami penduduk berbagai Negara.Orang dapat berbicara panjang lebar mengenai negara-negara kaya dan negara-negara miskin, tapi batasan batasannya sukar untuk dipahami masyarakat terutama orang awam. Kemakmuran dinilai dengan ukuran rata rata kebanyakan orang Inggris, Prancis, maupun Kanada dan Amerika Serikat. Negara negara yang kurang berkecukupan diberi berbagai sebutan seperti terbelakang, belum berkembang, tidak berkembang, atau kurang berkembang. Atas dasar inisiatif Prancis dalam mengelompokan negara negara di dunia dalam lingkup politik dan ekonomi menjadi tiga dasar sesuai keadaan nyata. Negara Dunia Pertama meliputi negara negara industri dengan corak ekonomi pasar, negara-negara itu disebut negara-negara kapitalis atau dunia Barat. Sedangkan Negara Dunia Ketiga meliputi negara negara bekas jajahan dengan corak ekonomi kolonial atau system lain, negara negara itu disebut negara-negara berkembang atau dunia Timur.
    Kelebihan buku ini sudah terdapat gambar dan proyeksi data table untuk memperjelas pembahasan topik. Sedangkan kelemahan buku ini yaitu ada beberapa data yang belum terupdate sehingga isinya ada yang kurang sesuai dengan kenyataan sekarang, karena memang cetakaan tahun 1986 adalah cetakan terakhirnya. Dan kelemahan yang lain adalah masih ada beberapa istilah yang belum diketahui pembaca yang awam sehingga sukar untuk memahami satu kalimat tersebut.
    Buku ini cocok untuk memahami perbedaan dan kondisi negara negara berkembang sehingga disarankan untuk dibaca oleh para mahasiswa jurusan yang berkecimpung dalam ilmu geografi. Disamping itu dapat juga dibaca untuk masyarakat umum bahkan aktivis pendidik lain untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang negara negara berkembang.