Activity

  • Fanny Putriningtias posted an update 1 month, 3 weeks ago

    Deutsch ist leicht!
    Judul Buku : Themen Neu 2 (Kursbuch)
    Penulis : Hartmut Aufderstrasse
    Heiko Bock
    Jutta Moeller
    Helmut Moeller
    Tata letak : Erwin Faltermeier
    Ilustrasi : Joachim Schuster, Baldham; Ruth Kreuzer, London
    Sampul buku : Eric Bach/Superbild, Moenchen
    Penerbit : Katalis
    Cetakan : Kedua, Juni 1997
    Tebal Buku : 160 halaman
    ISBN : 979-8060-38-5

    Buku Themen Neu 2 (Kursbuch) adalah Buku Pelajaran Seri Pelajaran Bahasa Jerman sebagai Bahasa Asing cetakan kedua. Adapun seri buku Themen Neu antara lain : Themen Neu Kurbusch 1 s.d. 3, Themen Neu Arbeitsbuch 1 s.d. 3, dan Glossar 1 s.d. 3.
    Buku Themen Neu 2 (Kursbuch) ini dikarang oleh Hartmut Aufderstrasse, Heiko Bock, Jutta Moeller, dan Helmut Moeller. Dicetak di Jakarta oleh PT Ikrar Mandiriabadi dan diterbitkan oleh penerbit Katalis pada bulan Juni 1997.
    Meskipun buku Themen Neu 2 (Kursbuch) ini adalah buku terbitan lama, isi dari buku ini tidak kalah baik dengan buku-buku modul pembelajaran Bahasa Jerman terbitan baru, karena di dalam buku ini tersusun materi secara sistematis. Sistematika dari buku ini yaitu Piktogramm yang meliputi Hoer-Sprech-Text auf Kasette atau mendengar dan melafalkan teks dari kaset, Hoertext auf Kasette mendengar teks dari kaset, Lesen atau membaca, Schreiben atau menulis, dan Hinweis auf die Grammatikoebersicht im Anhang yaitu referensi gramatika yang dapat dilihat dalam lampiran yang terdapat di halaman akhir buku, kemudian Inhalt atau daftar isi, yaitu berisikan daftar materi apa saja yang akan dikupas dalam buku ini, Grammatikoebersicht atau ikhtisar grammatika, berisikan materi mengenai tata bahasa dalam bahasa Jerman, Quellenverzeichnis atau daftar sumber, yaitu sumber materi yang didapat pada setiap halaman, dan pada bagian akhir terdapat Woerteverzeichnis atau daftar kata meliputi artikel dari suatu kata, dan perubahannya dari kata tunggal ke dalam bentuk plural.
    Buku Themen Neu 2 (Kursbuch) ini menggunakan pengantar bahasa Jerman, baik dari penjelasan materi maupun soal-soal yang disajikan. Oleh karena itu, wajar bila para pemula yang menggunakan buku ini sebagai panduan belajar tanpa adanya pembimbing, mengalami kebingungan. Sampul buku ini pun terlihat sangat sederhana, kurang menonjolkan keindahan sebagaimana isi dari buku Themen Neu 2 sendiri. Namun demikian, buku ini sangat direkomendasikan sebagai buku reverensi panduan belajar karena ukurannya yang tidak terlalu besar seperti buku-buku panduan bahasa Jerman lain sehingga sangat praktis dan bisa dibawa ke manapun, pembahasannya sangat lengkap dan gamblang, juga terdapat info, strategi dan tips-tips belajar di setiap babnya. Di dalam buku ini disertai pula gambar-gambar berwarna yang sangat menarik sehingga tidak membosankan untuk dibaca.
    Tidak hanya mempelajari tentang bahasa Jerman, melalui buku ini pula, kita dapat mempelajari seperti apa budaya Jerman, kebiasaan sehari-hari masyarakatnya, bagaimana musim di Jerman berganti, negara-negara di Eropa yang menggunakan Bahasa Jerman, negara-negara bagian di Jerman, keindahan alam dan lingkungannya, berbagai tempat wisata, dan lain sebagainya. Sangat memotivasi untuk kita yang ingin berkunjung ke Jerman.
    Pada intinya, semua buku modul Bahasa Jerman adalah baik untuk menunjang pembelajaran, dan Bahasa Jerman itu sendiri sangatlah mudah untuk dipelajari, mudah untuk dipahami, namun, hasil yang akan didapat oleh tiap-tiap orang tentu akan berbeda, tergantung dari kemampuan, daya serap, intensitas belajar dan yang paling penting adalah motivasi dari individu itu sendiri.