Activity

  • Mutiara Annisa posted an update 1 month, 1 week ago

    Penelitian Kualitatif : Etnografi

    Studi etnografi merupakan studi yang berusaha meneliti suatu kelompok kebudayaan tertentu berdasarkan pada pengamatan dan kehadiran peneliti di lapangan dalam waktu yang lama. Studi ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu etnografi realis dan etnografi kritis. Prosedur yang digunakan berpijak pada pendekatan holistic dengan memanfaatkan data emik dan data etis. (Creswell, 2015)
    Berikut ini adalah rangkuman mengenai Studi Etnografi dalam buku Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Creswell, 2015).

    CIRI UTAMA STUDI ETNOGRAFI

    Etnografi berfokus pada pengembangan deskripsi yang kompleks dan lengkap tentang kebudayaan dari kelompok, yaitu kelompok yang berkebudayaan sama.etnografi bukanlah studi tentang kebudayaan, tetapi studi tentang perilaku sosial dari kelompok masyarakat yang dapat diidentifikasikan.
    Peneliti mencari berbagai pola (juga dideskripsikan sebagai ritual, perilaku sosial adat, atau kebiasaan) dari aktivitas mental kelompok tersebut, seperti ide dan keyakinan yang dideskripsikan melalui Bahasa.
    Hal ini berarti kelompok yang berkebudayaan sama tersebut telah lengkap dan berinteraksi dalam waktu yang cukup lama hingga dapat membangun pola ketja yang jelas.
    Teori memainkan peran penting dalam memfokuskan perhatian peneliti ketika melaksanakan etnografi
    Untuk dapat menggunakan teori tersebut dan untuk menemukan pola dari kelompok yang berkebudayaan sama, peneliti harus terlibat dalam kerja-lapangan yang lama, mengumpulkan data terutama melalui wawancara, pengamatan, symbol, artefak, dan beragam sumber data yang lain.
    Dalam menganalisis data ini, peneliti bersandar pada pandangan dari para partisipan sebagai perspektif emis insider dan melaporkannya dalam kutipan verbatim, dan kemudian menyintesis data tersebut, menyaringnya melalui perspektif ilmiah etis dari peneliti untuk mengembangkan suatu penafsiran kebudayaan yang menyeluruh.
    Analisis ini menghasilkan pemahaman tentang bagaimana kelompok yang berkebudayaan sama berjalan, yaitu bagaimana kelompok tersebut berfungsi, dan bagaimana cara hidup dari kelompok tersebut.

    TIPE STUDI ETNOGRAFI
    Etnografi Realis
    Etnografi realis adalah pendekatan tradisional yang digunakan oleh para antropolog kebudayaan ; suatu laporan objektif tentang situasi, biasanya ditulis dalam sudut pandang orang ketiga dan melaporkan secara objektif informasi yang dipelajari dari para partisipan di suatu tempat.
    Etnografi Kritis
    Etnografi kritis adalah suatu jenis riset etnografis dimana para penulisnya memperjuangkan emansipasi bagi kelompok masyarakat yang terpinggirkan. Para peneliti kritis biasanya merupakan individu yang berpikiran politis yang berusaha, melalui riset, untuk menentang ketidaksetaraan dan dominasi.

    PROSEDUR DALAM PELAKSANAAN RIET ETNOGRAFI

    Menentukan apakah etnografi merupakan desain yang paling tepat digunakan untuk mempelajari permasalahan riset yang dimaksud.
    Mengidentifikasi dan menentukan suatu kelompok yang berkebudayaan sama yang hendak dipelajari.
    Menyeleksi berbagai tema, permasalahan, atau teori kebudayaan yang hendak dipelajari dari kelompok tersebut. Tema yang dimaksud dapat berupa enkulturasi, sosialisasi, pembelajaran, kognisi, dominasi, ketidaksetaraan, atau perkembangan anak dan orang dewasa.
    Untuk mempelajari konsep kebudayaan, harus ditentukan tipe etnografi mana yang hendak digunakan.
    Mengumpulkan informasi dalam konteks atau lingkungan dimana kelompok tersebut hidup.
    Dari banyak sumber data yang telah dikumpulkan, sang entografer menganalisis data tersebut untuk menyusun suatu deskripsi tentang kelompok yang berkebudayaan sama tersebut, tema yang muncul dari kelompok tersebut, dan penafsiran keseluruhan.
    Menyusun rangkaian aturan atau teori tentang bagaimana kelompok yang berkebudayaan sama tersebut berjalan sebagai hasil akhir dari analisis ini. Hasil akhirnya adalah potret kebudayaan yang holistik dari kelompok tersebut yang mencakup pandangan dari para partisipan (emis) dan juga pandangan dari peneliti (etis)