Activity

  • Lilies Martyaningrum posted an update 5 years, 2 months ago

    PENGALAMAN MENGIKUTI KEGIATAN MAHASISWA BARU UNY 2016
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Hallo para cendekiawan muda ! saat ini, saya akan berbagi cerita dan pengalaman saya mengikuti kegiatan mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016. Menjadi mahasiswa pasti menjadi impian banyak orang, termasuk saya. Awalnya, saya tidak menyangka akan diterima menjadi mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Karena, saya tidak pernah bimbingan belajar atau bahkan les privat untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Saya hanya belajar di rumah dan kadang-kadang belajar bersama teman-teman saya. Setelah saya dinyatakan lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan menjadi mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta, saya kemudian melakukan serangkaian langkah-langkah mulai dari pengisian data ekonomi secara online yang akan menentukan besarnya Uang Kuliah Tunggal, melakukan registrasi secara online, pemeriksaan kesehatan di Hall Tenis Indoor Universitas Negeri Yogyakarta, dan menyerahkan dokumen registrasi untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa. Setelah melakukan serangkaian langkah-langkah tersebut, ada banyak kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta.
    Yang pertama kegiatan Pusat Informasi Mahasiswa (PIM), dimana para mahasiswa baru akan meminta cap dan tanda tangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa dan program studi para mahasiswa baru yang bersangkutan sehingga mahasiswa baru semakin tahu akan program studinya dan berbagai jenis Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada. Karena saya diterima di program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, maka saya meminta cap dan tanda tangan dari stand Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Di stand Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, saya mendapat informasi mengenai asal mula berdirinya dan aturan-aturan selama menjadi mahasiswa baru program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
    Kedua yaitu Technical Meeting (TM) Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), dimana para mahasiswa baru diberitahukan tentang barang-barang dan atribut yang harus dibawa dan dipakai saat pelaksanaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) pada tanggal 22 Agustus – 26 Agustus 2016. Selain itu, saya dan mahasiswa baru yang lain juga dibagi ke dalam gugus dan cluster yang terdiri dari mahasiswa lain dari berbagai program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Melalui pembagian ke dalam berbagai gugus tersebut, saya semakin mengenal banyak teman dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Sosial.
    Ketiga yaitu pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), baik secara manual maupun online. Dalam Kartu Rencana Studi berisi mata kuliah yang akan ditempuh oleh mahasiswa baru selama satu semester yang sudah ditentukan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang dibebankan kepada mahasiswa.
    Keempat yaitu kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 22-26 Agustus 2016. Tanggal 22-23 Agustus 2016 merupakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tingkat Universitas. Pelaksanaannya dilakukan di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (GOR UNY). Dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Fakultas Teknik,Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni dan Program Pasca Sarjana menghadiri upacara pembukaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) dan saling menyerukan yel-yel dan jargon dari setiap fakultas. Hari kedua Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), ada display dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Tanggal 24 Agusus 2016 merupakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tingkat fakultas. Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Fakultas Ilmu Sosial dilaksanakan di Taman Pancasila. Ada acara talkshow tentang “Aktualisasi Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Generasi Emas 2045” dan juga diperkenalkan dengan Dekan, Wakil Dekan, dan dosen-dosen yang ada di Fakultas Ilmu Sosial. Hari keempat merupakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tingkat jurusan/program studi. Saya mulai berkenalan dengan teman yang satu program studi dengan saya. Selain itu, ada acara debat dan pentas seni per gugus program studi. Saya sangat senang karena gugus saya mendapat predikat sebagai penampilan pentas seni terbaik dalam drama Cinderella. Hari terakhir OSPEK, ada festival tanpa atap per cluster dan festival gedung merah dari berbagai program studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Saya juga sangat senang karena bisa melihat Pemandu Kedisiplinan tersenyum, karena selama OSPEK berlangsung mereka selalu menatap dengan mata yang tajam dengan tujuan menertibkan dan mendisiplinkan mahasiswa baru.
    Kelima yaitu Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Dalam ESQ, ada kegiatan tentang pembentukan karakter dan sebuah integritas sehingga dengan adanya kegiatan ESQ, saya semakin sadar dan paham tentang tugas dan tanggung jawab saya sebagai mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta, termasuk prioritas dan komitmen saya terhadap Universitas Negeri Yogyakarta.
    Keenam yaitu pelatihan Information and Communication Technology (ICT), dimana saya dan mahasiswa baru diberi pelatihan mengenai wawasan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), ICT dan etika ICT yang baik dan benar, dan wawasan perpustakaan, baik pelatihan teori maupun praktek. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Selain itu, kegiatan ini juga membantu dan memberi wawasan dan pengetahuan mahasiswa baru tentang pembuatan blog, e-learning, dan pengenalan fasilitas-fasilitas yang ada di perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini sungguh menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang ICT.
    Saya juga sangat senang bisa menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Sekian pengalaman saya mengikuti kegiatan mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta.