Activity

  • nuranidiah posted an update 1 year, 5 months ago

    Kenapa Guru Harus Kreatif ?

    Identitas Buku
    Judul Buku : Kenapa Guru Harus Kreatif ?
    Penulis Buku : Andi Yudha Asfandiyar
    Tahun Terbit : 2009
    Penerbit : DAR! Mizan
    Tebal Buku : 178 halaman

    Sinopsis Kenapa Guru Harus Kreatif ?
    Buku ini terdiri dari beberapa bab yaitu
    Bab 1 : Kenapa Jadi Guru ?
    Didalam bab pertama terdiri atas empat subbab yaitu tugas mulia, kita adalah guru, suka dengan anak dan anak adalah amanah. Di subbab pertama menjelaskan betapa pentingnya seorang guru bagi seorang siswa karena guru dapat mempengaruhi apakah seorang siswa menjadi orang baik atau tidak melalui didikannya selain dari anggota keluarga maupun lingkungan. Di subbab kedua yaitu tentang undang-undang No. 14/2005 pasal 1 butir 1 tentang guru dan dosen. Di subbab ketiga menjadi seorang guru haruslah suka terhadap anak-anak. Di subbab terakhir memaparkan bahwa anak adalah titipan dari allah yang harus dijaga dengan baik.
    Bab 2 : Dasar Mendidik Anak
    Di bab ini memaparkan jika mendidik seorang anak haruslah bertahap sesuaikan dengan kemampuan anak. Dalam mendidik anak jugalah harus berulang-ulang agar seorang siswa benar-benar paham. Disini juga menyampaikan bahwa ketika mengajar kita harur membuat suasana didalam kelas menyeangkan agar siswa tidak tegang saat pelajaran.
    Bab 3 : Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)
    Potensi setiap anak berbeda-beda ada yang pandai dalam bidang akademik ada juga yang pandai di bidang nonakademik. Dalam bab ini memberikan beberapa tips dalam berbagai jenis kecerdasan.
    Bab 4 : Pahami Dunia Anak
    Seorang siswa pasti memiliki keterbatasan-keterbatasan sehingga di bab ini diberikan beberapa tips bagaimana memahami dunia anak. Disini juga ada beberapa yang harus seorang guru lakukan.
    Bab 5 : Bergaul Bersama Anak
    Menjadi seorang guru haruslah mengerti keadaan siswanya sehigga seorang guru dituntut untuk bergaul bersama anak, menjadi seorang teman bahkan sahabat sehigga siswa lebih terbuka dengan guru.
    Bab 6 : Mengembangkan Pemikiran Anak
    Didalam bab ini seorang guru dituntut untuk mengembangkan pemikiran siswa untu lebih kritis dan melatih siwa untu selalu bertanya. Disini juga menuntut guru melatih siswa untuk diskusi dengan tenang.
    Bab 7 : Membangun Jiwa Anak
    Seorang guru haruslah memberi motivasi kepada siswanya agar terus bersemangat dalam belajar dan memberi pengahargaan kepada murid yang prestasi dengan tujuan memancing siswa yang lain untuk berprestasi.
    Bab 8 : Menanamkan Nilai Ruhani
    Guru yang menjadi panutan haruslah memberikan contoh yang baik dengan mengajarkan mengenalkan dan menekankan pada pengamalan untuk selalu beribadah.

    Kelebihan
    Buku yang berjudul Kenapa Guru Harus Kreatif ini buku bacaan yang mudah untuk dipahami, bahasanya ringan, tidak bertele-tele. Buku ini juga diberi gambar-gambar yang mendukung sehingga membuat pembaca tidak bosan. Buku ini menyisipkan beberapa sabda-sabda rasul, kata-kata motifasi, dan memberikan tips-tips. Buku ini mengajarkan menjadi seorang guru yang kreatif dan professional.

    Kekurangan
    Kertas yang dipakai kurang menarik sehingga pembaca kurang tertarik untuk membaca buku ini. Ada beberapa kata menggunakan Bahasa inggris seingga untuk orang-orang yang tidak begitu mengerti Bahasa inggris akan merasa kesulitan, seperti pada halaman 20 “ … transferring values and knowledge,…”. Didalam bab 8 tentang menanamkan nilai ruhani hanya ditekankan pada agama islam seharusnya menyeluruh karena ini buku umum yang membaca tidak hanya orang muslim.