Activity

  • rr athiya mila shabiha posted an update 1 year, 9 months ago

    Judul resendi : Mengenal Dunia Tumbuhan
    Identitas buku :
    a. Judul buku : Anatomi Tumbuhan Berbiji
    b. Penulis : Estiti B Hidayat
    c. Penerbit : Institut Pertanian Bogor
    d. Tahun terbit : 1995
    e. Kota terbit : Bandung
    f. Tebal buku : 275
    g. Jenis buku : Non fiksi
    Kepengarangan
    Prof. Dr. Estiti Harti Bambang Hidayat adalah Guru Besar Institut Teknologi Bandung. Beliau merupakan seorang ilmuan yang telah banyak melakukan penelitian. Beliau menekuni bidang anatomi dan morfologi perkembangan tumbuhan. Beliau merupakan contoh keberhasilan wanita karier karena beliau berhasil menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga, guru , dan seorang peneliti. Beliau menyelesaikan pendidikan sarjananya di ITB pada tahun 1961, kemudian melanjutkan pendidikan doktornya di Oregion State University Amerika Serikat, dan lulus pada tahun 1964. Pada hari Senin tanggal 3 Juli 1995 beliau dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa pada usia 61 tahun.
    Tujuan Penulisan Buku
    Agar masyarakat terutama mahasiswa yang menekuni bidang biologi dapat mempunyai pengetahuan luas mengenai beberapa materi maupun persoalanyang menyangkut bab anatomi tumbuhan yang berbiji. Dan dapat menjadi salah satu pedoman dalam mempelajari bab anatomi tumbuhan berbiji.
    Ikhtisar
    Mencakup materi mengenai pendekatan dalam mempelajari anatomi dan hubungan anatomi tumbuhan dengan segi lain dari tumbuhan.Mencangkup mengenai perkembangan tumbuhan dari embrio hingga dewasa, macam jaringan pada tumbuhan, jenis-jenis sel dan jaringan tumbuhan, Struktur tumbuhan secara umum, dan perkembangan embrio hingga tumbuhan dewasa.Mencangkup materi mengenai sejarah perkembangan pengetahuan sel tumbuhan dan struktur sel tumbuhan.Mencangkup materi mengenai klasifikasi meristem pada tumbuhan, tahapan perkembangan meristem primer tumbuhan, ciri sitologi meristem tumbuhan, meristem apikal tumbuhan, diferensiasi yang terjadi pada tumbuhan beserta penyebabnya, potensi meristematik pada sel, dan faktor diferensiasi internal pada tumbuhan.Mencangkup materi mengenai bentuk dan susunan sel parenkim tumbuhan dan struktur dan isi sel parenkim.Mencangkup materi mengenai lokasi kolenkim pada tumbuhan, struktur dan susunan sel kolenkim, struktur yang sehubungan dengan fungsi.Mencangkup materi mengenai macam sel sklerenkim, serat yang bernilai ekonomi bagi kehidupan, perkembangan sklereid dan serat. Buku ini juga mempelajari mengenai epidermis,xilem, kambium pembuluh, floem, periderm, struktur sekresi, struktue parenkim, struktur sekunder, pertumbuhan primer, pertumbuhan sekunder dan jenis tumbuhan morfologi dan histologi, keragaman struktur, bunga,buah biji, embrio, dan kecambah.
    Kelebihan
    Buku ini cukup lengkap dan banyak membahas secara sistematis mengenai proses terjadinya sesuatu. Di dukung dengan gambar yang memudahkan pemahaman mengenai materi yang dibahas. Membahas tuntas materi yang sedang disinggung.
    Kekurangan
    Dalam buku ini terdapat beberapa kalimat yang sulit untuk dipahami oleh pembaca. Sebagian besar berbrntuk narasi yang penuh sehingga tidak mudah diingat.
    Kesimpulan
    Buku ini cocok untuk dibaca oleh semua kalangan, terutama kalangan mahasiswa jiridan biologi dan pertanahan. Karena mencangkup materi yang sesuai dengan bidang yang ditekuni. Terutama pada materi anatomi tumbuhan berbiji, cukup lengkap dibahas dalam buku ini.