Activity

  • selly rizqotul posted an update 6 years, 7 months ago

    Judul buku : Aneka Hukum Bisnis
    Penulis : Prof.Dr.Mariam Darus Badrulzaman, S.H.
    Penerbit : Alumni
    Tahun terbit : 1994
    Tempat penerbit : Bandung
    Jumlah halaman : 224halaman
    ISBN : 979-414-500-9
    Buku yang berjudul hukum bisnis tersebut menjelaskan tentang hukum – hukum bisnis. Arus informasi mengenai hukum saat ini masih terasa kurang, padahal banyak orang yang membutuhkan informasi ini. Penulis sebagai salah seorang pakar dibidang hukum, berusaha mengisi kekurangan itu. Berbagai kumpulan makalah – makalahnya dibidang hukum bisnis dirangkum dalam buku ini.
    Dalam buku ini terdiri dari bab 1-10 yaitu Kerangka Dasar Hukum Kontrak, Asas Kebebasan Berkontrak dan Kaitannya dengan Perjanjian Baku Standar, Beberapa Masalah Hukum Dalam Kontrak Bangunan Pada Umumnya dan Kontrak Pengadaan Barang Milik Pemerintah, Kerangka Hukum Jaminan Indonesi, Kredit Macet Dalam Kerangka Sistem Hukum di Indonesia, Permasalahan Likuidasi dalam Perbankan No. 7 Tahun 1992, Pokok – pokok Pikiran dalam Penyusunan RUU Perkreditan, Aspek Yuridis Bagi Kemungkinan Perluasan Usaha Perum Pengadaian di Masa Mendatang, Beberapa Masalah Pokok dalam UU Perumahan dan Pemukiman, Legal and Practical Implications of Strata Titling.
    Kelebihan : Buku ini sangat bermanfaat karena di dalamnya berisi tentang hukum – hukum bisnis dimana sangat penting bagi orang yang mau menjadi pengusaha sukses. Didalam buku tersebut berisi tetang hukum tata aturan tentang bisnis, jika kita telah membacanya kita jadi lebih tahu dan menambah wawasan tentang hukum – hukum bisnis tersebut. Bukunya sangat praktis karena tebal bukunya standar tidak terlalu tebal sehingga bisa dibawa kemana saja. Bahasa yang digunakan dalam buku tersebut mudah dimengerti sehingga para pembaca yang membaca buku tersebut paham dan wawasannya bertambah.
    Kekurangan : dalam buku tersebut terdapat kata asing salah satunya menggunkan bahasa Inggris sehingga jika salah satu dari pembaca kurang pandai dalam berbahasa asing maka akan sulitbuntuk memahaminnya
    Terlepas dari kelebihan dan kekurangan buku karangan Prof.Dr.Mariam Darus Badrulzaman, S.H. ini dapat dijadikan referensi dalam proses pembelajaran Pengantar Bisnis. Buku ini juga layak dijadikan panduan dasar bagi mahasiswa baru.