Activity

  • shobruun jamil posted an update 2 years ago

    Judul Buku : PERIODE PROGRAMLATIHAN
    Penulis : PROF.DRS.HARSONO,M.Sc.
    Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA Bandung

    Pentingnya Perencanaan Program
    Proses oerencanaan suatu program latihan haruslah mengacu kepada prosedur yang terorganisasi dengan baik(wekk organized), yang metodis,dan yang ilmiah,agar dengandemikian program tersebut bisa membantu atlet untukmencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Jadi prencanaan program atau training plan merupakan alat yang penting bagi pelatih untuk bias melaksanakan program secara wellieganized. Tanpakemahiran pelatih dalam menyusun suatu latihan yang baik,maka tidakmungkinpula dia bias melaksanakan training secara terorganisasi denganbaik. Sebab kalau perencanaantidak baik, hasilnya pun tak mungkin bagus.sebaliknya kalau perencanan bagus ,hasilnya pun akan bagus,dan prestasi atlet meningkat.
    Agar bias efektif dalammembuat rencana program latihan,pelatih haris memiliki tingkat kepakaran yang tinggi dalam masalah-masalah kepelatihan serta pengalaman yang luas dalam bidangnya.
    Pelatih adalah vak seorang arsitek bangunan.kalau perencanaan gambar rumah yang akan dibangunmya tidak sesuai hokum-hukum arsitektur ,maka rumah itu akan mudah roboh, meskipun kualitas bahan bangunanya tinggi.Namun sebaliknya juga bias.meskipun perencanaan atau gambarmya sesuai dengan hokum-hukum arsetektur , tetati bahan bangunannya rendah, maka rumah yang akan di bangun akan mudah roboh.
    Karna itu, kalau mencetak prestasi yang bagus bagi atlet-atletnya, pelatih dalamperencanan program latihan harus mengacu pada hokum-hukum ,prinsip-prinsi, dan metodologi pelatihan yambenar.demikiampula anak-anakasuhnya sebaiknya memiliki bakat dan potensi yang baik.Tanpa kedua factor tersebut,ataukalau salah satu factor saja tidak ada,prestasi atlet pun tidak bias maksimal.
    Tugas Pelatih. Training adalah suatu proses yang amat kompleks yang melibatkan variable-variabel interna dan eksternal, a.l. motivasi dan ambisi atlet,kuantitas dan kualitas latihan, volumedan intensitas latihan,pengakaman-pengalaman bertanding, dsn.
    Tugas utama pelatih ialah untukmenyiapkan atletnya sebaik mungkin agae dalam pertandingan kelak ia mampu berprestasi semaksimal mungkin. Agar persiapan danlatihan dapat dilakukan secara efektif , pelatih harus menyusun atau suatu program untuk taktik, kondisi fisik dan kondisi faaliah tubuhnya(conditioning),termasuk aspek psikologisnya.
    Seperti telah dikemukakan diatas,perencanaan programharus dilaksanaka secara terorganisasi denganbaik, metodis, dan ilmiah agar demikian pelatihan bias membantu atlet terutama yang berbakat nebcapai tingkat prestadi yang paling tinggi.selain itu proram harus bias menjamin puka perkembangan kepribadian atlet. Karena itu prencanaan programlatihan adalah alat yang penting bagipelatih gunamelaksanakan suatu program yang well-organizid. Tanpa program yang tersusun dengan baik pelatih tidak akan bias efisien dan efektif.
    Proses Latihan harus pula didasari pada prediksi kemungkinan prestasi atlet pada setiap tahap latihan.hal ini sesuai dengan pendapat HARRE (1982), yaitu bahwa “ THE TRAINING PROCESS SHOULD BE ORGANIZED WITH FORESIGHT.” Diajuga menganjurkan agr didalam perencanaan program termasukpula analisis darilatihan yang dilaksanakan, agar dapat ditentukan seberapajauh program yang disusun tsb.telah mencapai sasaranya,baik dalam kepribadian maupun dalamefisiensi performa atlet.
    Jadi proses perencanaan programlatihan harus didasari pada prosedir yang metodis, sitematis, ilmiah, dan wellorganized(terorganisasi dengan baik)agar bias membantu atlet mencapai prestasi setinggimungkin. Karena itu planning/perencanaan merupakan alat yang paling penting bagi pelatih untuk melaksanakan programlatihan yang betul-betun teorganisasi dengan baik. Agar diabisa bekerja seefektif mungkin,pekatih tentunya harus mempunyai kepakaran professional yang tinggi serta pengakaman yang luas dalam bidan pendidikan jasmani dan kepelatihan.