Activity

  • TRI UTAMI FEBRIATI posted an update 1 month, 1 week ago

    Cara Menjaga Tubuh dari Virus Corona
    Dalam beberapa bula belakangan ini, Virus Corona telah mewabah di berbagai Negara. Virus Corona sendiri adalah virus baru yang menyerang pernafasan manusia. Virus ini merupakan kumpulan besar dari berbagai virus yang cara penyebarannya dari orang ke orang melalui droplet dalam jarak dekat. Tanda-tanda umum orang terinveksi Virus Corona ini adalah demam diatas 38 derajat C, batuk, sesak nafas, susah bernafas, dan dapat menyebabkan kematian. Dikarenakan orang yang telah terinveksi virus ini ada yang tidak menunjukkan gejala seperti pada umumnya, terkadang membuat orang yang telah terinveksi merasa sehat dan melakukan interaksi dengan orang lain tanpa tahu mereka telah menularkan Virus Corona pada orang tersbut. Tidak hanya itu, orang yag telah terpapar Virus Corona bisa saja tidak terinfeksi virus tersebut karena memiliki daya tahan tubuh yang baik, namun virus tersebut dapat tertular jika orang tersebut melakukan interaksi dengan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang tidak baik.
    Untuk mencegah terinveksi virus tersebut, hal yang dapat dilakukan yaitu:
    1. Menutup mulut dan hidung dengan siku atau siku saat batuk atau bersin
    2. Segera membuang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah
    3. Membersikan tangan dengan sabun setelah batuk atau bersin
    4. Menggunakan masker
    5. Mencuci tangan denan sabun
    6. Melakukan semua aktivitas di rumah saja
    7. Menghindari kontak dengan orang lain saat sedang batuk atau demam
    8. Jangan meludah di tempat umum
    9. Mencari pertolongan medis jika demam, batuk, atau kesulitan bernafas.
    Semua orang dari segala usia dapat terinveksi Virus Corona, namun orang-orang yang memiliki riwayat penyakit dapat lebih rentan terinveksi virus ini. Saat ini belum ditemukan vaksin ataupun obat untuk mengobati virus ini. Dengan begitu untuk memutus rantai virus ini dianjurkan kita semua melakukan semua aktivitas di rumah dan menjaga kebersihan lingkungan. Jangan pergi jika dirasa bukan keperluan yang sangat penting atau mendesak. Jika terpaksa harus pergi keluar rumah, kita wajib melindungi diri dengan cara selalu menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain dan mencuci tangan atau membersihkannya dengan handsanitizer setelah memegang benda apapun. Cara penggunaan masker yang benar yaitu:
    1. Membersihkan tangan dngan sabun atau air berbasis alcohol
    2. Tutupi mulut dan hidung dengan asker, pastikan tidak ada celah
    3. Hindari menyentuh masker saa menggunakannya
    4. Ganti masker dengan yang baru sesegera mungkin jika lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai
    5. Untuk melepas masker, lepas dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker) lalu segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan dengan sabun.
    Dengan kesadan kita untuk melindungi diri dari Virus Corona ini, kita telah ikut berkontribusi dalam memutus rantai virus. Manfaatnya sendiri tidak hanya dirasakan oleh diri kita pribadi, namun juga untuk seluruh masyarakat yang ada. Dampak positif yang dapat dirasakan yaitu tidak menimbulkan semakin banyak orang kehilangan pekerjaannya, tidak merubah wabah Virus Corona menjadi wabah kelaparan, dan tentunya dapat memutus rantai penyebaran Virus Corona. Dengan begitu, masyarakat akan mendapatkan kehidupan yang layak seperti hari-hari biasanya.
    Tri Utami Febriati_17416244003 Pendidikan IPS B 2017