Activity

  • fauziah ruchban posted an update 2 months, 1 week ago

    RESENSI BUKU ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

    Identitas Buku
    Judul buku : Ilmu Administrasi Publik
    Penulis : Inu Kencana Syafiie, Djamaludin Tanjung, Supardan Modeong
    Penerbit : PT RINEKA CIPTA
    Kota Terbit : Jakarta
    Tahun : 1999
    Tebal : 255 halaman
    Bahasa : Indonesia
    Sampul : Hijau

    Isi Buku
    Buku ini besifat pengantar untuk memasuki keilmuan administrasi publik yang begitu luas, dan sudah dibicarakan para ahlinya sejak zaman klasik dan neoklasik.
    Lebih jauh dari itu,dengan buku ini penulis menentukan sikap,bahwa dalam pelayanan pemerintah terhadap rakyatnya,tidak terlepas dari konotasi kekuasaan,yang seharusnya diseimbangkan.
    Buku ini terdiri dari 11 BAB yaitu :

    Bab1: Pengertian-pengertian Dasar
    Pada bab ini ada beberapa pengertian yang di jelaskan diantranya, pengertian pengantar, pengertian pengetahuan,pengertian ilmu,pengertian seni,pengertian sistem, pengertian administrasi, pengertian publik, pengertia negara.pada bab ini kita bisa mengetahui makna dari pengertian-pengertian tersebut

    Bab 2 : Batasan Administrasi publik
    Pada bab ini ada 3 definisi yang harus kita ketahui diantaranya ialah pendefinisian Administrasi publik, Paradigma Administrasi Publik, Ruang liic ngkup Administrasi Publik.
    Pada ketiga subab ini menjelaskan secara detail apa itu ilmu administrasi publik

    Bab 3 : Posisi Administrasi Negara
    Pada bab ini ada dua subbab yang dijelaskan yaitu Dalam Ilmu-ilmu kenegaraan dan Dalam Ilmu-ilmu Non-kenegaraan. pada penjelasan ini mendorong kita untuk mengetahui bagaimana hubungan Ilmu administrasi publik dengan illmu pemerintahan dan ilmu filsafat.

    Bab 4 : Unsur Administrasi Publik
    Pada bab ini ada beberapa unsur di dalamya yaitu manajemen publik, organisasi publik, komunikasi pemerintahan, inforamsi pemerintahan, kepegawaian, perbekalan,humas pemerintah. Bab ini dibuat agar kita mengetahui apa peranan unsur unsur tersebut di dalam ilmu administrasi publik.

    Bab 5 : Fungsi manajemen publik
    Bab ini terdiri dari 6 subbab yaitu public planning, public actuating, public cotnrolling, public coordinating,public leading, public motivating.

    Bab 6 : Konsep Adminstrasi Publik
    Bab ini diantaranya menjelaskan tentang isu pembangunan, birokrasi publik, kebijakan publik, konsep pelayanan publik.

    Bab 7 : Perbandingan sistem administrasi publik
    Pada bab ini ada dua sistem administrasi publik diantaranya Sistem Administrasi publik di Negara-negara maju dan Sistem Administrasi Publik di Negara-negara berkembang

    Bab 8 : Sistem Administrasi Publik di Indonesia
    bab ini penulis menjelaskan tentang tinjauan budaya, tinjauan sejarah, lembaga riskoordinator dan menteri Negara, Administrasi pemerintahan daerah, Administrasi Pemerintah Desa

    Bab 9 : Etika Administrasi Publik
    Bab ini menjelaskan tentang etika yaitu pengertia etika, beberapa mahzab etika, etika dan kebenaran, pandangan beberapa tokoh, No state dan Bold state.pada definisi ini kita bisa mengetahui lebih dalam lagi apa itu Etika dalam administrasi publik

    Bab 10 : Administrasi Publik Dan Agama
    Ada beberapa subbab diantaranya islam, kristen, budha, hindu,yahudi.pada bab kali ini menjelaskan tentang apa hubungan administrasi publik dengan agama yang ada.

    Bab 11 : Penutup
    Di bab ini kita akan memberi kesimpulan umum dan saran-saran setelah apa yang kita bahas pada bab-bab sebelumnya.

    Kelemahan dan kekurangan buku
    1. Kelemahan buku
    – Kertas buku tipis sehingga menjadi berbayang
    – kurang banyak gambar-gambar yang menarik
    2. Kelebihan buku
    – Isi buku jelas dan mudah dipahami
    – memiliki keterkaitan sehingga mampu menarik pembaca.
    – Cover buku menarik
    – Banyak penjelasan yang sangat penting

    Kesimpulan
    Administrasi publik merupakan pelayanan yang semula untuk masyarakat umum. Tetapi kemudian berbalik menjadi pelayanan terhadap negara.
    Buku ini menyuguhkan pengkajian administrasi publik yang komprehensif integral,dengan mengikutsertakan perbandingan administrasi di berbagai negara maju dan berkembang.