Activity

  • Dianita Astari posted an update 7 years, 8 months ago

    Nama Lengkap : Dianita Astari
    NIM : 16804244015
    Program Studi / Fakultas : Pendidikan Ekonomi/ Fakultas Ekonomi
    Nomor Telepon : 083840573643
    program kreativitas mahasiswa
    STRATEGI PENINGKATAN CINTA PRODUK INDONESIA DI TENGAH GLOBALISASI UNTUK MENINGKATKAN
    PEREKONOMIAN NEGARA

    A. Permasalahan
    deskripsi masalah dan atau poin-poin
    1. Pengaruh globalisasi terhadap kesadaran cinta dengan produk dalam negeri dan perekonomian negara.
    2. Rendahnya rasa cinta produk dalam negeri menyebabkan rendahnya pendapatan negara

    B. Solusi yang ditawarkan
    Solusi untuk mengembangkan perekonomian Indonesia adalah ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah suatu konsep dasar untuk dapat mengembangkan perekonomian dengan cara menciptakan produk yang kreatif dengan bermodal pengetahuan luas.
    Ekonomi kreatif yang telah dilakukan Indonesia adalah membuat sesuatu yang tradisional bisa diubah menjadi sesuatu yang moedern karena mampu merambah berbagai lapisan masyarakat lokal maupun internasional. Sehingga disini para generasi muda dituntut untuk kreatif, inovatif dan tidak menyerah karena dalam hal ini tidak mudah.
    kemudian selain mengembangkan berbagai produk tradisional menjadi menarik dari sisi pemerintah seharusnya tindakan yang diterapkan oleh pemerintah adalah kewajiban penggunaan bahan baku dari industry dalam negeri untuk proyek-proyek milik pemerintah, Apabila hal ini diterapkan maka perbankan juga tidak akan ragu mendukung industri karena ada jaminan dari pemerintah secara tidak langsung.. proyek-proyek yang bahan bakunya menggunakan bahan baku local itupun merupakan proyek milik pemerintah . Selain itu pemerintah juga dapat bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Ritel untuk menyediakan ruang khusus di mal-mal untuk mendisplay produk asli Indonesia. Pemerintah juga tidak boleh bosan-bosannya untuk mempublikasikan logo “Cinta Produk Indonesia” kepada masyarakat, salah satunya dengan cara mencantumkan di produk-produk dalam negri yang berkualitas sehingga timbul kebangaan dalam masyarakat Indonesia saat menggunakan produk tersebut. Peningkatan pemakaian produk dalam negri bukanlah tujaun utama dalam program ini, melainkan timbulnya kesadaran untuk mencintai produk sendiri dan kebanggaan yang didapat ketika masyarakat Indonesia memakai produk tersebut.

    C. Manfaat penulisan
    Manfaat mencintai produk dalam negeri yaitu negara :
    1. Dengan mencintai produk dalam negeri, kita turut berperan dalam menambah pendapatan negara.
    2. Dengan mencintai produk dalam negeri, kita membantu meningkatkan angka produksi dalam negeri dan mendukung produk dalam negeri untuk bersaing ke pasar International.
    3. Jika kita mencintai produk dalam negeri dan produksi dalam negeri meningkat otomatis lapangan kerja meningkat, pendapatan rakyat juga meningkat bahkan produk yang ditawarkan juga pastinya lebih murah dan perekonomian Indonesia akan membaik .
    4. Mengurangi tingkat kemiskinan dan kriminalitas. Saat banyaknya lapangan pekerjaan oleh meningkatnya daya jual produk, juga akan mempengaruhi kemiskinan dan kriminalitas. Banyaknya masyarakat miskin dan kriminal didorang oleh sedikitnya lapangan pekerjaan
    5. Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penggunaan produk-produk dalam negeri, bisa memberikan kesejahteraan pada kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang sehingga masyarakat bisa mempunyai penghasilan yang layak
    6. Meningkatkan pendapatan negara. Penjualan ke luar negeri atau ekspor produk buatan Indonesia, akan meningkatkan pendapatan dari negara kita. Pembayaran yang kita dapatkan dalam bentuk dolar, secara otomatis akan ditukarkan ke mata uang negara, yang menjadi cadangan manfaat devisa negara Indonesia.