Activity

  • valentina123 posted an update 6 years, 7 months ago

    Identitas buku
    Judul Buku:Proses Belajar Mengajar
    Penulis ;dr.j.j hasibuan,dip.ed
    ;drs.moedjiono
    Editor;tjun surjaman
    Penerbit;pt remaja rosdakarya
    Cetakan ;15 oktober 2012

    Ulasan buku
    Mengajar adalah menciptakan sistem lingkungan yg memungkinkan terjadinya proses belajar.sistem lingkungan ini terdiri dari komponen komponen yg saling mempengaruhi,yakni tujuan intruksianal yg ingin di capai,materi yg di ajarkan,guru dan siswa yg harus memainkan peranan serta ada dalam hubungan sosial tertentu, jenis kegiatan yg di lakukan,serta sarana dan prasarana belajar mengajar yg tersedia.
    Setiap sistem lingkungan atau setiap peristiwa belajar mengajar mempunyai ‘’ profil ‘’ yg unik,yg mengakibatkan tercapainya tujuan tujuan belajar yg berbeda.atau,kalau di katakan secara terbalik,untuk mencapai tujuan belajar tertentu harus di ciptakan sistem lingkungan belajar yg tertentu pula.
    Tujuan tujuan belajar yg pencapaiannya di usahakan secara eksplisit dengan tindakan instruksional tertentu dinamakan instructional effect,yg biasanya terbentuk pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan tujuan tujuan yg merupakan hasil pengirin ,yg tercapainya karna siswa ‘’ menghidupi ‘’ suatu sistem lingkungan belajar tertentu,seperti kemampuan berpikir kritis dan kreatif atau sikap terbuka menerima pendapat orang lain,dinamakan nurturan effect.untuk mencapai tujuan itu guru biasanya memilih satu atau lebih strategi belajar mengajar.
    Strategi belajar mengajar adalah pola umum perbuatan guru murid di dalam perwujutan belajar mengajar.pengertian strategi dalam hal ini menunjukan kepada karakteristik abstrak rentetan perbuatan guru murid di dalam peristiwa belajar mengajar.sedangkan rentetan perbuatan guru murid dalam suatu peristiwa belajar mengajar aktual tertentu,dinamakan prosedur instruksional.
    Metode mengajar adalah alat yg dapat merupakan bagian dari perangkat aiat dan cara dalam melaksanakan suatu strategi belajar mengajar.dan karna startegi belajar mengajar merupakan saran atau aiat untuk mencapai tujuan tujuan belajar ,maka metode mengajar merupakan alat pula untuk mencapai tujuan belajar.
    Ada beberapa dasar yg dapat di gunakan untuk mengkalasifikasi strategi belajar mengajar.1, pengaturan guru dan sisiwa
    1,pengaturan guru dan siswa
    Dari segi pengaturan guru dapat di bedakan pengajaran oleh seseorang guru atau oleh suatu tim,selanjutnya dapat puladi bedakan apakah hubungan guru murid terjadi secara tatap muka ataukah dengan perantara media,baik media cetak ataupan visual.sedangkan dari segi siswa dapat di bedakan pengajaran klasikal \kelompok besar,kelompok kecil 5 -7 orang siswa,atau pengajaran perorangan.
    2,struktur peristiwa belajar mengajar
    Struktur peristiwa belajar mengajar dapat bersifat tertutup,dalam arti segala sesuatu telah di tentukan secara relatif ketet;dapat juga bersifat terbuka, dalam arti tujuan khusus,materi,serta prosedur yg akan di tempuh untuk mencapainya di tentukan sementra kegiatan belajar mengajar langsung
    3, perana guru murid di dalam mengolah pesan
    Pengajaran yg mempunyaikan pesan dalam keadaan ‘’ telah siap ‘’/di olah secara tuntas oleh guru sebelum di sampaikan.di namakan ekspositorik,sedangkan yg mengharuskan pengolahan oleh siswa dinamakan heuristik.
    Ad dua sub strategi di dalam strategi heuristik yg akhir akhir ini sering di kemukakanorang, yaitu penemuan discoveri dan inkuiri /inquiry

    4, proses pengelola pesan
    Peristiwa belajar mengajar yg bertolak dari yg umum untuk di lihat keberlakuan atau akibatnya pada yg khusus di namakan stretegi belajar mengajar yg bersifat deduktif,sedangkan strategi belajar mengajar yg di tandai oleh proses berpikir yg bergerak dari khusus di umum di namakan strategi belajar mengajar yg bersifat induktif.

    5,tujuan belajar
    Robert m.gadne mengelompokan kondisi kondisi belajar /sistim lingkingan belajar, sesuai dengan tujuan tujuan belajar yg ingin di capai.gadne mengemukakan delapan macam ,yg kemudian di serdehanakan menjadi lima macma kemampuan manusia yg merupakan hasin belajar sehingga,pada gilirannya, membutukan sekian macam kondisi belajar untuk mencapainya. Kelima macaam kemampuan hasil belajar adalah’’
    A, keterampilan intektual B,strategikognitif,mengatur‘’carabelajar’’danberpikirseseorangdidalamartiseluasluasnya termaskkampuan memecakan masalah.
    C, informasi verbal, pengetauan dalam informasi dan fakta .kemampuan ini umumnya di kenal dan tidak jarang.
    D, keterampilan motorik yg di peroleh di sekolah , antra lain keterampilan menulis,mengetik,menggunakan jangka, dan sebagainya.
    E, sikap dan nilai berhubungan dengan arah serta insentisitas emosional yg memiliki seseorang, bagaimana dapat di simpulkan dari kecenderungannya bertingka laku terhadap orang,barang,atau kejadian.