Activity

  • Dyah Ayu Ravina Putri Damayanti posted an update 6 years, 7 months ago

    RESUME BUKU

    A. Identitas Buku
    1. Judul buku : Kurikulum dan Pembelajaran
    2. Penerbit : PT.Bumi Angkasa, Jakarta 2011
    3. Penulis : Dr. Oemar Hamalik
    4. Edisi : 1 (satu)
    5. Cetakan : 12 ( Dua Belas)
    6. Tebal halaman : 184 halaman

    B. Simpulan
    BELAJAR, adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. (learning is defined as the modification or strengthening of behavior through experiencing).
    Belajar bukan hanya mengingat, tapi lebih luas yakni mengalami. Hasilnya bukan penguasaan hasil latihan namun perubahan kelakuan. Ada pula pendapat lain tentang belajar, yang mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Maka jelas, tujuan belajar itu prinsipnya sama, yakni perubahan tingkah laku, hanya berbeda cara atau usaha pencapainnya.
    Bukti bahwa seseorang telah melakukan kegiatan belajar ialah adanya perubahaan tingkah laku pada orang tersebut, yang sebelumnya tidak atau tingkah lakunya tersebut masih lemah atau kurang. Tingkah laku memiliki unsur objektif ( unsur jasmaniah) dan unsur subjektif ( unsur rohaniah). Menurut psikologi klasik, belajar adalah suatu proses pengembangan dan latihan jiwa ( mind). Menurut psikologi daya, belajar adalah melatih daya-daya agar dapat berfungsi dengan baik. Menurut psikologi behavioristik, balajar adalah membentuk hubungan stimulus-respon dengan latihan-latihan. Menurut psikologi kognitif, belajar adalah proses pusat otak atas struktur fakta dalam bentuk pemahaman dan pemecahan masalah. Menurut psokologi gestalt, belajar adalah hubungan interaksi anatara seseorang dengan lingkungan.
    Berdasarkan pengertian belajar di atas terdapat ciri-ciri(karakteristik) balajar tertentu : belajar berbeda dengan kematangan, belajar dibedakan dari perubahan fisik dan mental,dan ciri belajar yang hasilnya relatif menetap. Unsur dinamis dalam proses belajar, adalah motivasi siswa, bahan belajar,alat bantu belajar, suasana belajar dan kondisi subjek belajar.