Activity

  • Dyah Ayu Ravina Putri Damayanti posted an update 6 years, 7 months ago

    KONSEP DASAR KURIKULUM
    oleh : Dyah Ayu Ravina Putri D./ NIM: 17105241029
    Kurikulum adalah konsep dasar pendidikan untuk menjalankan siklus pendidikan agar terarah. Pengertian secara sempit atau etimologi kurikulum dapat diartikan Curre : bertanding ,yang dimaksudkan ialah bertanding untuk mencapai garis finish atau untuk menguasai materi, dan Curere : berlari, yang dimaksud ialah jarak yang harus ditempuh dalam pendidikan atau biasa diartikan sebagai program-program yang harus dilalui.
    Definisi kurikulum menurut para ahli :
    1. Beane, etc (1991)
    Kurikulum dapat diklarifiaksikan menjadi empat jenis konsep :
    a. Kurikulum sebagai produk : merupakan hasil pengembangan aspek-aspek untuk kurikulum oleh ahli sebagai pedoman pembelajaran.
    b. Kurikulum sebagai program : kurikulum merupakan program kegiatan yang dilakukan untuk sekolah untuk mencapai tujuan.
    c. Kurikulum sebagai tujuan terencana : kurikulum dalam dunia pendidikan merupakan cita-cita guru untuk peserta didik agar lebih maju.
    d. Kurikulum sebgai pengalaman belajar : dalam hal ini menitik beratkan kepada pengetahuan peserta didik dan sikap sebagai hasil pembelajaran.
    2. John Dewey (1902)
    Kurikulum merupakan program berkelanjutan yang memaparkan pengalaman peserta didik melalui suatu susunan pengetahuan yang terorganisir dengan baik.
    3. Hilda Taba
    Kurikulum sebagai rancangan pembelajaran peserta didik.
    4. Orlosky and smith
    Kurikulum bagian dari program sekekolah yang berisi apa yang diharapkan peserta didik dalam pembelajaran.

    KURIKULUM DALAM BERBAGAI DIMENSI
    Kurikulum dalam berbagai dimensi dapat dijabarkan dari berbagai pernyataan 5W +1H
    ( what, who, why, when, where, and how), yang menyangkut dari awal pembentukan kurikulum sampai proses terjadinya kurikulum yang diterapkan di negara.

    KURIKULUM DALAM PRESPEKTIF
    Adapun bebebrapa landasan dalam pengembangan kurikulum :
    1. Landasan filosofi
    Sebgai instrumen untuk mencapai tujuan dalam penerapan metode pembe;ajaran agar tercapai kurikulum yang baik.
    2. Landasan sosiologi
    Sosialisasi dan pembudayaan peserta didik. Dalam hal ini diharapkan dengan pendidikan dapat melahikan generasi yang bermutu, kritis dan mampu membangun bangsa lebih maju.
    3. Landasan psikologi
    Landasan yang mengembangkan segenap potensi peserta didik, dengan lebih mempelajari tingkah laku manusia.

    KAITAN PEMBELAJARAN DENGAN KURIKULUM
    Kurikulum dengan pembelajaran adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan walau keduanya berbeda. Kurikulum dan pembelajaran dapat dapat dipelajari dan dikaji secara terpisah akan tetapi tidak dapat berfungsi secara sendiri- sendiri.
    Berikut gambaran kaitan kurikulum dengan pembelajaran sebagai berikut:
    a. Model dualistis
    Kurikulum dam pembelajaran berdiri sendiri namun masih berkaitan satu sama lain.
    b. Model berkaitan
    Kurikulum dan pembelajaran saling berkaitan atau ber irisan.
    c. Model konsentris
    Keduanya memiliki hubungan dengan kemungkinan bahwa kurikulum bagian dari pembelajaran atau sebaliknya pembelajaran bagian dari kurikulum.
    d. Model siklus
    Kurikulum dan pembelajaran dianggap dua hal yang terpisah nmaun memilikii hubungan timbal balik.

    KOMPONEN UTAMA PENDIDIKAN
    Pendididkan merupakan hal yang intensif bagi negara untuk membangun generasi penerus yang lebih baik. Komponen pendidikan melikputi lingkungan peserta didik berasal terdapat pendidkan yang berinteraksi langsung dengan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran serta evalusai belajar agar tercapainya tujuan kurikulum yang menghasilkan peserta didik yang terdidik secara sempurna, namun hal ini juga terpengaruhi beberapa faktor seperti alam, budaya dan ekonomi.