Activity

  • iwanalk posted an update 6 months, 3 weeks ago

    Apa itu asam lambung yang kerap diderita oleh mahasiswa?
    Asam lambung adalah cairan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu dalam proses pencernaan makanan. Fungsinya adalah untuk membantu mencerna makanan dengan menghancurkan zat-zat yang masuk ke lambung. Lambung memiliki lapisan pelindung untuk mencegah kerusakan akibat asam lambung ini.
    Namun, masalah terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan (tuba organik yang menghubungkan mulut dengan lambung) dalam kondisi yang disebut refluks gastroesofageal (GERD). Ini dapat menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada (heartburn), rasa mulas, rasa pahit di mulut, batuk-batuk, atau sulit menelan.
    Mahasiswa seringkali dapat mengalami masalah ini karena gaya hidup yang sibuk dan kebiasaan makan yang tidak teratur. Faktor-faktor seperti stres, pola makan tidak seimbang, makan terlalu cepat, konsumsi makanan pedas atau berlemak, serta kurang tidur dapat memicu masalah asam lambung. Kebiasaan seperti merokok atau mengonsumsi alkohol juga dapat memperburuk kondisi ini.
    Penting untuk mengatasi masalah asam lambung dengan mengadopsi pola makan yang sehat, menghindari makanan yang bisa memicu refluks, makan dalam porsi kecil tapi sering, serta menjaga berat badan yang sehat.
    Jika gejala terus berlanjut atau memburuk, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan profesional medis. Dokter dapat memberikan diagnosis yang akurat dan memberikan pengobatan yang sesuai, jika diperlukan.

    Sumber: https://nutriflakes.id/