Activity

  • amiliaputrifauzaen posted an update 1 year, 6 months ago

    RESENSI BUKU SASTRA INDONESIA KONTEMPORER

    Judul Buku : Sastra Indonesia Kontemporer
    Penulis : Antilan Purba
    Penerbit : Graha Ilmu
    Tahun Terbit : 2010

    Pengertian sastra
    Dalam kamus Istilah sastra,penerbit Universitas Indonesia Press, 1990,71 , Panuti Sudjiman bahwa sastra ( literature, Inggris, litterature , perancis) adalah karya lisan yang tertulis yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinilan , keartistikan , keindahan dalam isi dan ungkapannya.
    Dalam teori kesustraan , Rene Wellek dan Austin Wareen , Gramedia, Jakarta , 1986 , 3, menuliskan bahwa sastra adalah suatu kegiatan kreatif , sebuah cabang seni . Sastra adalah segala sesatu yang tertulis atau tercetak . Sastra adalah karya imajinatif
    Dalam metode pengajaran sastra , penerbit kasinus , Yogyakarta , 1988, B. Rahmanto mengungkapkan bahwa sastra, tidak seperti halnya ilmu kimia atau sejarah, tidaklah menyuguhkan ilmu pengetahan dalam bentuk jadi . Sastra berkaitan erat dengan semua aspek manusia dan alam dengan keseluruhannya. Setiap karysa sastra selalu menghadirkan sesuatu yang kerap menyajikan banyak hal yang apabila dihayati benar-benar akan semakin menambah pengetahuan orang yang menghayai.

    Pengertian Sastra Indonesia Kontemporer
    Pengertian sastra Indonesia Kontemporer itu bermakna sangat relative . Kerelatifan makna sastra kontemporer itu disebabkan oleh sejarah sastra Indonesia yang belum panjang . Di samping itu, pada pengertian sastra yang benar-benar mutakhir dalam arti hari ini hidup dan besok mati, ada pula sastra sekarng hidup dan akan terus sanggup bernafas entah sampai kapan. Pengertian mutakhir tidak mungkin semata dibatasi oleh waktu khusus untuk sastra yang benar-benar hebat. Meskipun sedikit banyak sastra mutakhir merupakan ancang-ancang bagi sastra masa depan.
    Pengertian Puisi Indonesia kontemporer
    Jika pengertian puisi kontemporer itu dikaitkan dengan puisi Indonesia, maka puisi Indonesia kontemporer adalah puisi Indonesia yang lahir di dalam waktu tertentu yang berbentuk dan bergaya tidak mengikuti kaidah-kaidah puisi lama pada umumnya. Atau puisi Indonesia kontemporer adalah puisi yang memiliki ciri-ciri nilai dan estetika yang berbeda dengan puisi-puisi sebelumnya atau pada umumnya.
    Pengertian Novel Indonesia Kontemporer

    Pengertian novel kontemporer secara sederhana adalah (1) novel yang hidup pada masa kini atau novel yang hidup pada waktu sama, (2) novel yang berusaha bergerak mendahului keadaan zamannya. Pengertian novel kontemporer secara luas adalah (1) novel yang menyimpang dari semua sistem penulisan fiksi yang ada selama ini atau yang bersifat konvensional, (2) novel yang menganggap masalah fisik dan batin dengan pola yang aneh tetapi suasana dan imaji yang sangat menakjubkan.

    Pengertian Cerita Pendek Indonesia Kontemporer
    Cerita pendek Indonesia kontemporer adalah cerita pendek yang berisikan kehidupan manusia Indonesia yang terasing dari dunianya karena gencetan suasana metropolis, yang pemberontak, yang berada ditengah-tengah pergulatan nilai-nilai saling bertentangan yang membuktikan bahwa manusia mempunyai potensi-potensi unik.

    Kelebihan :
    Dalam buku ini kita dapat mempelajari mulai dari pengertian sastra kontemporer , puisi kontemporer, cerita pendek kontemporer ,novel kontemporer, hingga karya sastra kontemporer. Di dalam buku ini penulis pun memberikan contoh-contoh puisi, cerita pendek kontemporer . Kita juga dapat mengetahui tokoh-tokoh sastrawan Indonesia pada masa itu dan karya-karya sastrawan tersebut. Lalu, kita juga ta sejarah sastra Indonesia pada waktu tersebut serta dampak bagi perkembangan sastra Indonesia.

    Kekurangan :
    Di dalam buku banyak menggunakan istilah asing, hingga tak jarang pembaca yang masih awam sulit untuk mengerti dan memahami. Jika yang membaca bukan orang yang menekuni bidang satra atau tidak mempelajari satra sebelumnya tentulah akan sedikit kurang paham dalam membaca buku tersebut.

    Daftar pustaka:
    Purba , Antilan. 2010 . Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta . Grahailmu.