Activity

  • Dadan Dhulkurnain posted an update 8 years, 8 months ago

    DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

    BAB I
    PENDAHULUAN

    Pengertian
    Dalam bahasa latin kurikulum berarti ”lapangan pertandingan” (race course) yaitu arena tempat peserta didik berlari untuk mencapai finish, Baru pada tahun 1955 istilah kurikulum dipakai dalam bidamg pendidkan. Bila ditelusuri ternyata kurikulum mempunyia berbagai macam arti, yaitu:
    1.Kurikulum diartikan sebagai rencana pelajaran, menurut Beuchamp (1968, hlm.6) kurikulum sebagai suatu rencana pengajaran berisi tujuan yang ingin dicapai, bahkan yang aka di sajikan, kegiatan pengajaran, alat-alat pengajaran, dan jadwal waktu pengjaran.
    2.Pengalaman belajar yang diperoleh murid dari sekolah
    3.Rencana belajar murid

    Menurut UU No.2 tahun 1989 kurikulum yaitu seperangkat rencana dan peraturan, mengenai isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunaknnya dalam menyelenggarakan kegiatn belajar mengajar. Bayak pendapat mengenai arti kurikulum, Namun inti kurikulum sebenarnya adalah pengalaman belajar yang banyak kaitannya dengan melakukan berbagai kegiatan, interaksi sosial, di lingkungan sekolah, proses kerja sama dengan kelompok, bahkan interaksi denagn lingkungan fisik seperti gedung sekolah dan ruang sekolah. Dengan demikian pengalaman itu bukan sekedar mempelajari mata pelajaran, tetapi yang terpenting adalah pengalaman kehidupan.
    BAB II
    PEMBAHASAN
    Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
    1.Menurut Daniel Tanner dan juga Laurel Tanner
    pengertian kurikulum ialah pengalaman pembelajaran yang terarah dan juga terencana dengan secara terstuktur dan juga tersusun dengan melalui proses rekontruksi pengetahuan serta pengalaman secara sistematis yang berada dibawah suatu pengawasan lembaga pendidikan sehingga pelajar tersebut mempunyai motivasi dan juga minat belajar.
    2.Menurut Inlow (1966)
    Pengertian kurikulum ialah usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus oleh sekolah didalam membimbing murid untuk dapat memperoleh hasil dari pelajaran yang telah ditentukan tersebut.
    3.Menurut Hilda Taba (1962)
    Pengertian kurikulum dituangkan kedalam bukunya yang berjudul “Curriculum Development Theory and Pratice” ialah sebagai “a plan of learning” yang mempunyai bahwa kurikulum ialah sesuatu yang direncanakan untuk dapat dipelajari oleh siswa yang didalamnya memuat rencana untuk para peserta didik(murid). .
    4.Menurut Kerr, J. F (1968)
    Pengertian kurikulum ialah sebuah pembelajaran yang dirancang dan juga dilaksanakan dengan individu serta juga berkelompok baik itu di luar ataupun di dalam sekolah.
    5.Menurut George A. Beaucham (1976)
    Pengertian kurikulum ialah suatu dokumen tertulis yang didalamnya terkandung isi mata pelajaran yang akan diajar kepada peserta didik(murid) dengan melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah yang dalam kehidupan sehari-hari
    6.Menurut Neagley dan Evans (1967)
    Pengertian kurikulum ialah semua pengalaman yang telah dibangung atau dirancang oleh pihak sekolah untuk dapat menolong para siswa didalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik
    7.Menurut UU. No. 20 Tahun 2003
    Pengertian kurikulum ialah suatu perangkat rencana dan juga pengaturan tentang tujuan, isi, dan juga bahan pengajaran dan cara yang digunakan ialah sebagai suatu pedoman didalam suatu penyelenggaraan kegiatan dalam pembelajaran untuk dapat mencapai suatu tujuan pendidikan nasional.
    8.Menurut Good V. Carter (1973)
    Pengertian kurikulum ialah kelompok pengajaran yang sistematik atau juga urutan subjek yang dipersyaratkan untuk dapat lulus atau juga sertifikasi dalam pelajaran mayor
    9.Menurut Grayson (1978)
    Pengertian kurikulum ialah suatu perencanaan untuk mendapatkan suatu pengeluaran (out-comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran
    10.Menurut Murray Print
    Pengertian kurikulum ialah sebuah ruang pembelajaran yang sudah terencana diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan dan juga pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua siswa pada saat kurikulum tersebut diterapkan.
    11.Menurut Crow and Crow
    Pengertian kurikulum ialah rancangan pengajaran atau juga sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk dapat menyelesaikan suatu program untuk dapat memperoleh ijazah.
    BAB III
    KESIMPULAN
    Prinsip dasar dalam mengembangkan kurikulum adalah sebagai berikut:
    1.Prinsip relevansi, Kurikulum dan pengajaran harus disusun sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kehidupan peserta didik.
    2.Prinsip efektifitas, Berkaitan dengantingkat pencapaian hasil pelaksanaan kurikulum.
    3.Prinsip efisiensi, Berkaitan dengan perbandingan antara tenaga, waktu, dana, dan sarana yang dipakai dengan hasil yang diperoleh.
    4.Prinsip kontinuinitas, Kurikulum berbagai tingkat kelas dan jenjangpendidikan disusun secara berkesinambungan.
    5.Prinsip Fleksibilitas,disamping program yang berlaku untuk semua anak terdapat pula kesempatan bagi anak mengambil program-program pilihan.
    6.Prinsip integritas, kurikulum hendaknya memperhatiakn hubungan antara berbagai program pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian yang terpadu.
    DAFTAR PUSTAKA
    http ://www.gurupendidikan.com/20-pengertian-kurikulum-menurut-para-pakar/
    http ://pencerahan-sejarah.blogspot.co.id/p/dasar-dasar-pengembangan-kurikulum.html
    https ://pbs.twimg.com/profile_images/2445553460/bpxhvnxxb82uxnr5xxsu.png