Activity

  • Dinda Agita Dewi posted an update 1 year, 5 months ago

    Resensi Buku Strategi Komunikasi Masyarakat
    Judul : Strategi Komunikasi Masyarakat
    Pengarang : Prof. Dr. Alo Liliweri, M. S.
    Penerbit : LKiS Group
    Kota terbit : Yogyakarta
    Tahun terbit : 2011
    Jumlah halaman : 254
    ISBN : 979-25-5332-0
    Komunikasi adalah kunci kesuksesan. Tanpa strategi komunikasi yang tepat, maka isi pesan berpotensi interpretable bahkan menuai kontroversi. Komunikasi di era modern ini idak terlepas dari peran media massa, baik itu media cetak maupun media elektronik. Pesan yang dikomunikasikan melalui media massa cenderung tereduksi dan terdistorsi , lebih-lebih jika media tersebut kurang memahami substansi pesan, motivasi, bahkan ideology yang bekerja di balik penyampaian pesan. Dalam konteks ini, penulis berusaha menganalisis aspek-aspek praktis dari aktivitas komunikasi dengan aspek-aspek akademis dari komunikasi sebagai ilmu; pertemuan itulah yang disebut praksis komunikasi.
    Dalam buku yang dibuat oleh Prof. Dr. Alo Liliweri, M. S.seorang pengajar Indonesia kelahiran Lembata, 19 Juni 1957. Sarjana tamatan Ilmu Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Admimistrasi Undana tahun 1984. Serta memperoleh gelar S2 Ilmu Komunikasi di Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 1991. Lalu melanjutkan studi program doktornya juga di Universitas Padjadjaran Bandung dan lulus pasa 29 Januari 1994 dengan disertai: Prasangka Sosial dan Komunikasi Antarenik. Dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni dan telah memiliki banyak pengalaman di dunia komunikasi, tentu Prof. Dr. Alo Liliweri, M. S. sangat berkompeten dalam menulis buku ini.
    Komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam setiap bidang kehidupan manusia. Artinya manusia memerlukan komunikasi dengan lingkungan sekitarnya, dan sekaligus hendak mengomunikasikan apa yang menjadi keinginannya kepada pelbagai pihak, baik kepada individu, masyarakat maupun kepada Tuhan. Dengan komunikasi, manusia menyatakan apa yang akan disampaikannya. Meskipun begitu, berkomunikasi dan mengomunikasikan keinginannya kepada pihak luar tentu memerlukan cara-cara tertentu yang tepat, proporsional, jelas dan terarah sehingga maksud yang akan disampaikannya bisa dipahami dengan mudah oleh orang lain, audien dan komunikan. Tanpa cara dan metode yang tepat, maka pesan (content) yang disampaikan akan rentan disalahpahami.
    Oleh karena itu, setiap bentuk komunikasi memerlukan strategi-strategi tertentu sesuai dengan isi pesan, konteks, audien atau komunikan yang menjadi sasaran komunikasi, dan sebagainya, baik komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Dalam kaitan di atas tersebut, buku ini menyajikan ragam strategi komunikasi dan dimensi praksisnya. Penulis buku ini, Prof. Dr. Alo Liliweri, M. S. , memandang peranan komunikasi manusia, salah satunya, sebagai bagian tak terpisahkan dari keberhasilan pembangunan khususnya di Kawasan Indonesia bagian Timur. Artinya komunikasi yang efektif, tepat sasaran, mengurai masalah sejelas mungkin justru sangat membantu percepatan pembangunan di kawasan tersebut. Demikian juga seperti disinggung penulis, bahwa komunikasi yang strategis dan disertai peranan media yang representative justru makin memperkokoh dalam kasus hubungan RI_Timor Leste, yang sebelumnya selalu diwarnai saling curiga dan ketegangan.
    Buku ini cocok dibaca seluruh kalangan karena berisi strategi-strategi komunikasi yang sangat berguna jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.