Activity

  • fitri yuliasari posted an update 6 months ago

    1). Selama perkuliahan ini saya mendapatkan materi yang sebelumnya belum pernah saya dapat. Yang pertama materi word ini saya bisa mendalami kepenulisan tata cara menulis kata yang benar itu seperti apa,yang baku,dan bisa sedikit-sedikit dalam membenarkan kata-kata yang terdapat dalam salah satu contoh skripsi.saya bisa mengetahui kata yang tidak baku dan yang baku bisa dicari lewat google dengan KBBI. Jika ada yang salah kita bisa beri pembenaran dalam bentuk komentar didalam kolom tersebut. Jika kita klik atau blok dalam kata tersebut kita bisa mengetahui lewat garis bawahnya yang terdapat dikata tersebut. Jika garis tersebut berwarna merah berarti kata tersebut tidak baku maka kita harus menggantinya dengan kata-kata yang lain. Jika sudah berwarna biru maka kata tersebut sudah baku. Begitupun selanjutnya Jadi semisal nanti kita sudah bersiap skripsi maka kita juga perlu membenarkan atau mengeceknya ulang sebelum disalahkan oleh dosen pembimbing kita. Ada juga kita membuat daftar isi yang langsung dan praktis tinggal mengganti kata atau nomer gambarnya jika ada pada label . Gambarannya seperti ini:

    2). tentang materi Corel draw dimana katanya setiap orang Corel itu materi yang paling menyusahkan. Memang sih. Corel juga butuh kesabaran agar hasilnya begitu memuaskan. Tetapi menurut saya jika dipelajari lebih lanjut Corel draw itu materi yang menyenangkan butuh ekstra teliti juga. Dimana dalam materi ini saya dapatkan tentang bagaimana cara membuat bentuk objek dan warna menggunakan Corel draw.selain itu saya juga mempraktikkan cara membuat logo. Setiap membuat objek kita selaraskan garisnya dan juga bisa membuat apa yang kita inginkan. Logo pun seperti itu kita juga bisa memberikan warna sesuai apa yang kita buat. Warnanya bisa kita memilih dicolor bar lalu pindahkan pada objek yang ingin kita beri warna tersebut. Gambar:

    3). Ada materi tentang adobe flash. Dimana saya membuat aplikasi anime yang bergerak. Nah materi ini bisa saya berkreasi dan berimajinasi tentang anime yang bergerak.menggambar objek yang akan kita buat animasinya. Yang saya buat disini didalam materi ini yang pertama adalah animasi frame by frame Tetesan Air ke dalam Gelas. Untuk itu saya akan menggambar gelas menggunakan Brush tool.boleh juga menggunakan Pen tool, Pencil Tool, dll untuk menggambar.namun pada saat itu saya dianjurkan untuk menggunakan Brush tool terlebih dahulu. Agar animasi dapat bergerak saya harus melakukan step by step agar berjalan. Yang pertama saya pakai insert keyframe kedua agar bisa bergerak lagi lanjut gunakan pada frame 5 kita klik kanan pada insert Blank KeyFrame.seperti itu terus sampai frame yang kita inginkan. Lanjut dicoba Samapi animasi benar-benar bisa bergerak. Yang kedua saya juga membuat anime yang menggunakan Classic Motion Tween dengan objeknya adalah Balon Udara. Hal tersebut sebenarnya sudah jika dilihat saja tanpa mencoba. Tetapi setelah beberapa kali saya mencobanya terus menerus akhirnya saya bisa mengerjakan animasi tersebut sampai selesai. Selain itu saya juga mencoba menyelesaikan membuat animasi Motion Tween dengan objeknya adalah mobil bergerak.kali ini saya menggambar menggunakan pen tool dan bisa juga mempercantik bentuknya kita bisa edit dengan menggunakan SubSelection Tool agar bisa lebih cantik gambar mobilnya. Dan yang terakhir ini yang paling saya suka tetapi saya juga terlalu sedikit kesusahan.tetapi animasi nya begitu menarik.nah yang terakhir ini saya membuat animasi Shape Tween yang pertama kalinya. Untuk itu kita harus membuat objek pertama yang nanti akan diubah-ubah bentuknya. misal saya kemarin membuat bintang lalu diberi warna selanjutnya bisa diubah dalam bentuk kotak dengan warna yang berbeda juga. Gambar :

    Selebihnya gambaran word, Corel draw, Adobe flash yang saya dapat seperti itu. Tidak semestinya Corel itu sulit asal kita ada kemauan untuk bisa semua akan menjadi mudah. Perlu praktik terus menerus juga agar memperlancar dan menguasai materi Corel dan yang lainnya.