Activity

  • hellan bagus sedyansyah posted an update 6 months, 2 weeks ago

    Rene Descartes

    Rene Descartes adalah seorang ahli matematika, ilmuwan, dan filsuf terkenal dari Perancis, dan pemikiran-pemikirannya yang selalu membuat terpukau banyak orang seperti pemikirannya yang terkenal yaitu “Saya berpikir maka saya ada” (Latin: Cogito ergo sum). Dia dikenal sebagai filsuf pertama dan terkemuka di era modern yang dengan serius melawan skeptism (keragu-raguan) dari banyak orang. Pandangannya tentang pengetahuan dan kepastian, dan pandangannya tentang hubungan antara pikiran dan tubuh telah memberi pengaruh yang besar selama tiga abad terakhir.

    Di waktu mudanya dia sekolah Yesuit, College La Fleche. Begitu umur dua puluh dia dapat gelar ahli hukum dari Universitas Poitiers walau tidak pernah mempraktekkan ilmunya sama sekali. Meskipun Descartes memperoleh pendidikan baik, tetapi dia yakin betul tak ada ilmu apa pun yang bisa dipercaya tanpa matematik. Karena itu, bukannya dia meneruskan pendidikan formalnya, melainkan ambil keputusan untuk berkeliling Eropa dan melihat dunia dengan mata kepala sendiri. Pada 1618 dia pergi ke Holland (Belanda) untuk melayani tentara angkatan darat Prince Maurice of Nassau, saat dalam perjalanan ke Jerman bersama para tentara angkatan darat itu. Pada malam 10 November, dia mengalami serangkaian mimpi yang dia artikan sebagai tanda-tanda bahwa dia akan menemukan suatu ilmu yang universal (a universal science). Pengaruh yang paling penting bagi Descrates pada saat itu adalah ahli matematika Issac Beeckman. Issac Beeckman mendorong Descartes dengan memberikan sejumlah masalah dan mendiskusikan masalah-masalah fisika dan matematika. Karya penting pertama Descartes adalah “Regulae or Rules for the Direction of Mind” yang ditulis pada tahun 1628-9 tetapi tidak diterbitkan hingga 1701. Karya ini menunjukkan minat Descartes pada metode yang dia bagikan kepada beberapa ilmuwan, ahli matematika dan filsuf abad 16 dan 17. Salah satu sumber metode ini adalah matematika kuno. Tiga belas buku “Euclid’s Elements” merupakan contoh dari pengetahuan dan metode deduktif yang digunakan.

    • Menurut saya Descartes itu keren dikarenakan beliau selalu melakukan pemikiran-pemikiran yang kritis sehingga beliau bisa menjadi seorang filsuf dan matematikawan yang hebat.