Activity

  • rr athiya mila shabiha posted an update 1 year, 3 months ago

    Judul buku : Media Pembelajaran Biologi Avertebrata
    Penulis : Drs. Suhardi, M.Pd
    Penerbit : Institut Pertanian Bogor
    Tahun terbit : 1988
    Tebal buku : 216 halaman
    Kepengarangan
    Drs. Suhardi, M.Pd lahir di Klaten pada tanggal 13 Agustus 1952. Beliau merupakan salah satu putra terbaik Indonesia yang memiliki intelektual, akademisi,politikus, kehutanan yang ada di Indonesia. Beliau mendapatkan gelar master dan doktor di bidang fisiologi pohon dari University of the Philippines Los Banos(UPLB). Sebelum berkecimpung ke dalam dunia politik, beliau merupakan guru besar dari Universitas Gadjah Mada dan pernah menjadi dekan yang sama di universitas yang sama. Dan pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Departemen Kehutanan dan perkembangan. Beliau meninggal di Jakarta Selatan pada tanggal 28 Agustus tahun 2014 pada umur 62 tahun.
    Tujuan Penulisan Buku
    Buku ini ditulis dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada pembaca atau kepada para pendidik mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran avertebrata.
    Ikhtisar
    Buku ini merupakan buku pedoman paling utama bagi seseorang yang menekuni dunia avertebrata. Bisa untuk mengembangkan pengetahuannya, mendalami ilmu, dan menerapkannya dalm kehidupan. Buku ini memberikan pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan avertebrata dan bagaimana mengaplikasikan dalam kegiatan pendidikan. Dengan membaca buku ini pembaca atau calon pendidik akan memiliki pengetahuan serta landasan dalam mendidik nantinya, bukan hanya di sekolah bahkan ditengah-tengah masyarakat pun nantinya akan lebih mudah dalam menerapkannya. Buku ini sesungguhnya merupakan buku wajib dalam prodi biolodi/pendidikan biologi. Buku ini mencakup semua avertebrata yang ditemukan.
    Buku ini bersisi daftar gambar, daftar tabel, daftar grafik, dan tentunya materi-materi mendetail. Seperti pengertian biologi avertebrata, pengertian media pendidikan, dan media pendidikan biologi avertebrata pada bab 1. Pada bab 2 terdiri dari peranan media pendidikan, keuntungan pengguanaan media pendidikan, perencanaan media pendidikan. Bab 3 berisi kulturisasi dan teknik pembuatan kultur. Bab 4 terdiri dari kegiatan mematikan hewan,fiksasi, pengawetan dan teknik pengawetan hewan avertebrata. Bab 5 terdiri dari kondisi laut, situasi air laut, pembangunan lingkungan marine, distribusi kehidupan di laut, produktifitas primer dan studi lapangan biologi avertebrata marine. Bab 6 terdiri dari analisa tugas terstruktur beserta modelnya. Bab 7 terdiri dari petunjuk praktikum hewan avertebrata. Bab 8 berisi gambar-gambar hewan avertebrata dari berbagai filum.
    Kelebihan
    Keunggulan buku ini adalah cara penyampaian yang sangat jelas, bahasa tidak bertele-tele, tidak ambigu, dan mudah dicerna. Ukuran hurufnya normal.
    Kekurangan
    Buku ini tidak memiliki indeks sehingga pembaca kesulitan untuk menemukan kata yang ingin dicari.
    Kesimpulan
    Buku ini sudah bagus, gambarnya menarik tetapi untuk selanjutnya harap ditambah indeks untuk mempermudah pembaca.